Jurus Dishub Jabar Cegat Pemudik di Jalur Tikus

Tim Editor

Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari (Anda Mahardhika/era.id)

ERA.id - Dinas Perhubungan Jawa Barat melakukan antisipasi adanya gelombang mudik pada tahun ini. Salah satu upaya yang sudah rampung adalah adanya penyekatan sebanyak 338 titik.

"Rencananya akan ada 338 titik di 27 kabupaten kota di Jabar. Jadi itu dijaga oleh petugas gabungan bukan hanya dari Dishub Jabar saja," ujar Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari dalam acara yang diselenggarakan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB), di Jalan Halmahera, Kamis (8/4/2021).

Titik penyekatan tersebut diantaranya tersebar di Kabupaten Bogor sebanyak 13 titik dan di Sukabumi sebanyak lima titik.

"Jadi posko titik penyekatan ini memang memerlukan sumber daya manusia yang lumayan banyak karena tadi penyekatan itu kan harus memperhentikan kendaraan. Nah kalau orangnya bukan hanya dari dishub kan enggak bisa melakukan itu," kata dia.

Hery mengatakan, penyekatan akan disimpan di jalan yang menjadi alternatif, namun itu masih dalam diskusi.

"Yang kita khawatirkan dalam berbagai rapat koordinasi, masukan dari teman-teman Organda dan PO, jangan sampai mengikuti aturan tapi ada (angkutan atau pribadi) ilegal masuk lewat jalan tikus kemudian dibiarkan. Itu jadi konsen kita," ujarnya.

Dia memastikan, Dishub bersama aparat lainnya akan lebih waspada dalam melakukan penyekatan agar titik rawan kebocoran dari evaluasi tahun kemarin bisa diperbaiki.

Untuk mengantisipasi jumlah pemudik yang mungkin masih akan ada meski pemerintah melakukan pelarangan, Hery memastikan akan berkoordinasi dengan Dishub kabupaten/kota dan satgas COVID-19 setempat untuk sama-sama bertanggug jawab dalam pengendalian antisipasi pemudik.

Tag: Mudik Lebaran 2021 mudik 2021 Dishub Jabar

Bagikan: