Lokasi Wisata Parapat Danau Toba Diterjang Banjir dan Longsor, Lalin dari Arah Siantar Dialihkan

| 13 May 2021 22:16
Lokasi Wisata Parapat Danau Toba Diterjang Banjir dan Longsor, Lalin dari Arah Siantar Dialihkan
Tangkapan Layar

ERA.id - Banjir bandang menerjang pusat Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (13/5/2021) sore. Akibatnya, jalan tertutup material longsoran dan lalulintas lumpuh.

Peristiwa banjir bandang terjadi sekira pukul 15.30 WIB setelah kawasan tersebut diguyur hujan deras. Jalan Lintas Sumatera tertutup material longsoran di Desa Sualan, Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo mengatakan, lalulintas lumpuh di sepanjang Jalan Panatapan Sualan, tepatnya di depan Gereja HKBP Sualan. Material longsoran berupa batu bercampur lumpur dan bongkol kayu menutupi badan jalan.

"Saat ini situasi masih dikendalikan anggota. Saya lagi menuju lokasi dan untuk sementara arus lalulintas ditutup agar warga tidak melintas dari lokasi sebab rawan longsor," kata Agus.

Saat banjir terjadi, sejumlah kendaraan yang sedang melintas terpaksa harus memutar balik. Sedangkan di Jalan Sisingamangaraja Parapat beberapa kendaran terseret banjir.

Banjir berasal dari sungai kecil yang berada di Bukit Bangun Dolok Parapat yang bermuara ke Danau Toba. Volume air yang tidak tertampung langsung meluap ke pemukiman dan menutup jalan raya.

Banjir bandang diduga disebabkan maraknya pembalakan kayu yang terus dilakukan secara legal maupun ilegal hingga menyebabkan hutan gundul.

Rekomendasi