Kasus COVID-19 Meningkat Hingga 58 Orang, Perumahan Griya Melati Bubulak Bogor Berstatus KLB

| 24 May 2021 14:00
Kasus COVID-19 Meningkat Hingga 58 Orang, Perumahan Griya Melati Bubulak Bogor Berstatus KLB
Ilustrasi covid-19 (Era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Bogor menetapkan kejadian luar biasa (KLB) di lingkungan Perumahan Griya Melati Bubulak, Kelurahan Bubalak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Hal itu seiring terus meningkatnya kasus positif COVID-19 di Perumahan tersebut.

Data terbaru sudah 58 orang di perumahan tersebut yang dinyatakan positif COVID-19 dan sudah dilakukan evakuasi ke ke pusat isolasi BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kepala Dinkes Kota Bogor, Sri Nowo Retno mengatakan, hasil pemeriksaan swab jumat lalu di Litbangkes, yakni Pemeriksaan Whole Genom Sequencing (WGS) terhadap kasus positif dan pemeriksaan PCR terhadap kontak erat yang baru diketahui hasilnya ada 13 sampel.

"Jadi, penambahan kasus positif ada 12 orang, total menjadi 58 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19," ucapnya.

Sementara itu Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto sampai hari ini tercatat ada 58 warga Griya Melati dinyatakan positif. Bertambah dari sebelumnya 46 orang, karena saya minta yang kemarin di tes antigen agar kembali melakukan tes PCR," ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya di Perumahan Griya Melati.

Menurutnya, dilakukan tes ulang PCR karena hasil tes antigen tidak menjamin. Bahkan menurutnya, sekarang pun jika hasil PCR negatif namun pasien ada gejala klinis Covid-19 harus diproses, khawatir merupakan jenis baru Covid-19.

"Sekarang kami sedang menunggu, mudah-mudahan dalam satu minggu keluar hasilnya. Melihat tingkat penyebarannya cepat dan banyak, kami antisipasi jangan sampai ini tren baru. Saya pun sudah kontak dengan Pak Menteri Kesehatan dan akan mengirim tim ke Kota Bogor," ujarnya.

Bima Arya menuturkan, saat ini fokus di Kota Bogor yakni pasien yang sakit, semuanya harus dievakuasi ke BPKP Ciawi atau ke Rumah Sakit jika gejalanya berat. Sementara mereka yang sehat dan dinyatakan negatif tetap diminta untuk karantina atau tidak kemana-mana.

"Semua nanti di-supply dan dibantu. Griya Melati ini saya nyatakan kejadian luar biasa (KLB) dan diberlakukan pembatasan aktivitas," tegasnya.

Pihaknya juga terus memastikan agar jangan sampai klaster ini menyebar ke pemukiman lain. Sehingga akan memastikan petugas, pengunjung dan lainnya dibatasi secara ketat. Petugas pun dipastikan personilnya tidak berganti-ganti dan memakai APD maksimal.

"Termasuk pendataan kontak erat siapa saja yang sempat datang ke Griya Melati agar tidak menyebar luas," imbuhnya.

Rekomendasi