Bikin Malu, Polwan Berpangkat Bripka Malah Jadi Calo Casis Bintara, Poldasu Turun Tangan

| 17 Jun 2021 14:28
Bikin Malu, Polwan Berpangkat Bripka Malah Jadi Calo Casis Bintara, Poldasu Turun Tangan
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Seorang polisi wanita (Polwan) berpangkat Bripka berinisial LA yang bertugas di Polrestabes Medan diamankan petugas Propam Polda Sumut diduga terlibat percaloan penerimaan calon siswa (Casis) Bintara Polri.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi membenarkan seorang oknum polwan telah diamankan diduga terlibat percaloan. Saat ini yang bersangkutan dalam pemeriksaan di Propam Polda Sumut.

"Iya benar, saat ini yang bersangkutan masih diperiksa di Bidang Propam," kata Hadi, Kamis (17/6/2021).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kasus percaloan penerimaan Casis Bintara Polri itu terkuak setelah salah seorang casis yang curiga dengan calon siswa lain yan tidak pernah mengikuti tes sebelumnya, namun mengikuti tes akademik.

Dari informasi tersebut petugas menelusuri dan mengamankan joki yang mengaku merupakan suruhan oknum polwan Bripka LA. Petugas

"Berawal dari keterangan itu, dia menyebut direkrut oknum Polwan Bripka LA. Lalu, Bripka LA diamankan untuk diperiksa," kata  sumber yang enggan disebutkan itu.

Oknum Polwan itu telah merekrut 28 calon siswa yang dijanjikan lulus seleksi. Modusnya, dia melibatkan joki untuk masing-masing Casis Bintara. Para joki itu berasal dari luar Sumatera Utara, seperti Jakarta, Bandung dan daerah lain.

Setelah terbongkar, polisi kemudian menginventarisir nama-nama 28 calon siswa Bintara Polri Polda Sumut yang diduga menggunakan joki dari Bripka LA.

"Ada juga yang diamankan dari lokasi ujian," pungkasnya.

Rekomendasi