Foto Erdogan Trending, Netizen Kenang Ceramah UAS: Pelihara Anjing, Pahalanya Dikurangi

Tim Editor

Kolase foto Erdogan dan Ustaz Abdul Somad

ERA.id - Nama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mendadak ramai dibincangkan di Twitter. Alasannya, pada 2020 silam, ia memegang seekor anjing.

Netizen pun langsung mengaitkan foto Erdogan dengan ceramah Ustaz Abdul Somad atau UAS yang menyebut orang Islam pelihara anjing pahalanya dikurangi sebesar bukit Uhud.

Akun Twitter @narkosun menggunggah foto Erdogan yang sedang mengelus kepala anjing. Begitu juga istri Erdogan, Emine, yang memegang anjing di tempat berbeda.

Dua orang ini adalah muslim dan diketahui sebagai penyayang anjing. Terbukti dari unggahan Erdogan pada tahun 2020 silam.

"Teman-teman, hewan kita dipercayakan kepada kita oleh Tuhan kita. Mari kita lindungi mereka, mari kita lindungi mereka," tulis Erdogan yang turut mengunggah fotonya bersama anjing lucu berwarna coklat.

Nah, foto itulah yang kemudian disandingkan dengan pemberitaan berjudul "UAS: Siapa yang Pelihara Anjing, Satu Hari Amalnya Dikurangi Sebesar Bukit Uhud.

Pengunggah kemudian menyentil UAS. "Mr @RTErdogan, sampean gak takut pahalanya berkurang setiap hari sebesar bukit Uhud? Minimlah takutlah sama Pak Somad," kata dia.

Sebab hal ini, banyak warganet bereaksi. "Kenapa begitu membenci anjing mad?" kata @leng***.

"Amalku masih sebesar kue poci, jadi aku tidak khawatir meski memegang anjing," timpal @ Luth**.

Untuk diketahui, UAS memang sempat berceramah soal anjing. Ceramahnya itu berjudul ‘Siapa yang Memelihara Anjing Satu Hari Amalnya Dikurangi Sebesar Bukit Uhud’ dan diunggah YouTube Doa Ibu pada 24 Maret 2021.

Semua berawal dari jemaah yang bertanya tentang hukum menyelamatkan anjing yang sedang sakit.

Erdogan memegang anjing

 

UAS pun menjawab, "Bagus. Kalau ada nampak anjing sedang sakit, selamatkan. Dalilnya mana? Hadis tentang seorang perempuan memberi minum seekor anjing. Lalu kata nabi, Allah mengampunkan dosanya. Anjing itu juga makhluk Allah."

Namun, UAS mengatakan boleh menolong anjing, tapi tidak boleh memelihara anjing karena bisa mengurangi pahala.

"Tapi jangan jadikan judul pertanyaan ini jadi dalil memelihara anjing. Menolong anjing oke, tapi memelihara anjing jangan. Bapak ibu yang sedang memelihara anjing, balik dari sini lepaskan. Serahkan ke dinas, dinas apa yang ngurus anjing? Orang yang memelihara anjing, satu hari pahalanya dikurangi sebesar Bukit Uhud. Bukit Uhud itu panjangnya 7 kilometer. Amalnya sebesar bisul," ungkapnya.

UAS juga menyebut rumah orang yang memelihara anjing tidak akan dihampiri malaikat.

"Tapi malaikat yang tidak masuk itu malaikat rahmat. Malaikat maut masuk," tandasnya.

Tag: viral recep tayyip erdogan anjing ustaz abdul somad erdogan pegang anjing

Bagikan: