Solo Darurat! Beberapa Rumah Sakit Kehabisan Oksigen, PMI Mita Bantuan

| 09 Jul 2021 10:39
Solo Darurat! Beberapa Rumah Sakit Kehabisan Oksigen, PMI Mita Bantuan
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Saat ini beberapa rumah sakit di Solo kehabisan stok oksigen. Hal ini disampaikan oleh CEO Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo Sumartono Hadinoto, Jumat (9/7/2021).

Melalui video yang diunggah dan dibagikan melalui grup aplikasi perpesanan Whatsapp, Sumartono menyampaikan kondisi terkini yang ada di rumah sakit. Iameminta bantuan karena saat ini stok oksigen di beberapa rumah sakit sudah habis.

”Mohon bantuannya, saya baru saja dapat telepon dari dokter-dokter di beberapa rumah sakit di Solo. Saat ini stok oksigen di beberapa rumah sakit habis. Semalam sudah berusaha minta ke pemasok, tapi ternyata pagi ini tidak dikirim,” kata Sumartono.

Untuk itu melalui video tersebut dirinya meminta bantuan terkait adanya informasi ketersediaan oksigen.

”Jadi mohon bantuannya, karena ketersediaan oksigen saat ini sangat mengkhawatirkan,” kata Sumartono.

Dia mengatakan saat ini stok oksigen di rumah sakit sudah sangat minim. Bahkan untuk beberapa rumah sakit, ketersediaan oksigen hanya tinggal untuk beberapa jam kedepan. Pasalnya stok oksigen dari pemasok yang dijanjikan pagi ini tidak kunjung datang.

”Dijanjikan dikirim semalam, tapi sampai pagi ini tidak datang. Makanya saya minta bantuan, sebab pasien-pasien di rumah sakit saat ini banyak yang hidupnya tergantung pada pasokan oksigen tersebut,” katanya.

Rekomendasi