Gencarkan Vaksinasi, Sekda Targetkan Herd Immunity Kota Bandung di Akhir Tahun 2021

| 29 Jul 2021 14:53
Gencarkan Vaksinasi, Sekda Targetkan Herd Immunity Kota Bandung di Akhir Tahun 2021
Ema Sumarna (Anda Mahardhika/ ERA.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Bandung optimalkan kegiatan vaksinasi secara masif kepada warga, hal tersebut dilakukan untuk mencapai target herd immunity pada bulan Desember 2021.

"Kita konsen soal vaksin. Fokuskan progres vaksinasi," tutur Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna di Bandung, Kamis (29/7/2021).

Ema mengatakan target vaksinasinya diangka 1,9 juta orang di akhir tahun 2021. "Herd immunity akan tercapai. Mudah-mudahan bisa menjadi kebiasaan lama dengan pola baru," ujarnya.

Ema menjelaskan, ada dua dimensi untuk mencapai target tersebut yaitu administrasi dan teritorial. Dimensi administrasi yaitu pendataan sesuai data kependudukan asli tempat tinggal.

Adapun dimensi teritorial yaitu pendataan berdasarkan orang berada di dalam sebuah wilayah meski pun secara adminstrasi bukan penduduk setempat.

Selain pendataan dari puskesmas setempat, Ema juga akan meminta data dari berbagai mitra yang tengah melaksanakan vaksinasi.

"Bukan hanya mengandalkan dari puskesmas saja, tapi data dari mitra yang menyelenggarakan. Misalkan dilaksanakan di lokasi A, B dan C. Kita harus minta data ini untuk di-update," katanya.

Hal tersebut memberikan kinerja efektif agar wilayah memiliki data yang termuktahir tentang vaksinasi. "Idealnya harus dilakukan, ini ada role modelnya. Saya tertarik aplikasi ini efektif. Ada yang divaksin bukan program Puskesmas itu mereka laporkan ini akan bermanfaat betul," paparnya.

Rekomendasi