Dampak Pandemi, Angsa dan Rusa Bandung Zoo Jadi Pakan Binatang Buas untuk Bertahan Hidup

| 30 Jul 2021 12:45
Dampak Pandemi, Angsa dan Rusa Bandung Zoo Jadi Pakan Binatang Buas untuk Bertahan Hidup
Ilustrasi rusa (Dok. Instagram bandung_zoological)

ERA.id - Kondisi pandemi yang berkepanjangan begitu melumpuhkan sektor pariwisata. Salah satunya ditunjukkan dengan kondisi hewan yang ada di Bandung Zoo.

Saat dihubungi ERA.id, Humas Bandung Zoo, Sulhan Syafei mengatakan terpaksa mengorbankan seekor angsa dan rusa untuk dijadikan sebagai pakan hewan-hewan karnivora (pemakan daging) sebanyak 20 ekor.

"Untuk memenuhi kebutuhan pakan hewan-hewan di sini, dalam waktu sebulan, setidaknya budget yang harus kami sediakan sebesar 350 juta rupiah, sedangkan selama masa PPKM ini Bandung Zoo tutup," ungkapnya melalui sambungan telpon, Jumat (30/7/2021).

Sulhan menjelaskan upaya yang dilakukan selama kebun binatang ditutup, hanya bisa melakukan upaya untuk lebih hemat seperti pakan gajah yang mengandalkan rumput sekitar, sedangkan ketersediaan rumput sudah semakin menipis.

"Upaya lain agar hewan pemakan buah tetap sehat, kita dibantu oleh beberapa supermarket di Bandung yang mengirimkan buah dan sayuran," ucapnya.

Apabila kondisi terus menerus seperti ini, Sulhan mengatakan secara bertahap kondisi binatang akan semakin memprihatinkan dan untuk memberikan pakan hewan buas, terpaksa harus mengorbankan binatang lain.

Rekomendasi