Luhut Targetkan Vaksinasi di Solo Raya 75 Persen Hingga Akhir Bulan

| 05 Aug 2021 14:43
Luhut Targetkan Vaksinasi di Solo Raya 75 Persen Hingga Akhir Bulan
Dok. Amalia Putri/era.id

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berkunjung ke Kota Solo pada Kamis (5/8/2021).

Dalam kesempatan ini Luhut menargetkan capaian vaksinasi di Solo Raya hingga akhir bulan mencapai 75 persen.

”Solo ini baru 69 persen, dan daerah sekitarnya (Solo Raya) 38 persen. Tadi dengan Pak Menkes, kami maunya supaya bisa lebih dari 75 persen hingga akhir bulan. Vaksin nggak ada masalah,” kata Luhut saat ditemui di sela kunjungannya di SMAN 1 Solo.

Luhut menekankan agar tiap kabupaten di Solo Raya bisa memvaksin sekitar 10 ribu hingga 20 ribu dosis dalam sehari.

Apalagi saat ini stok yang dimiliki pemerintah mencapai 70 juta dosis vaksin.

”Sudah saya bilang, nggak ada main seribu sehari, main ya 10 ribu atau 20 ribu sehari. Besok kita siap,” katanya.

Selain itu Luhut menekankan mengenai tracing dan testing. Saat ini di kota Solo treatment sudah cukup bagus. Apalagi dengan vaksinasi sudah bisa berjalan, maka diperkirakan bulan September sudah selesai untuk vaksinasi di daerah aglomerasi Solo Raya.

”Kita perlahan, bukan pelan-pelan. Tapi kita cermati betul supaya bisa vaksin. tapi juga tetap harus pakai masker dan jaga jarak,” kata Luhut.

Sebagai informasi di wilayah Solo raya, saat ini hanya kota Solo yang angka capaian vaksinasinya mencapai 73 persen.

Sedangkan daerah lain masih berada di kisaran 10-20 persen. Capaian tertinggi yakni Karanganyar dengan 27 persen, diikuti Sukoharjo 22 persen, Boyolali 18 persen, Klaten dan Sragen 16 persen dan yang terendah yakni Wonogiri dengan 14 persen.

Angka capaian ini diperbandingkan dengan jumlah penduduk. Sementara Kementerian Kesehatan menargetkan terbentuknya kekebalan imunitas dengan 70 persen dari jumlah penduduk.

Rekomendasi