Dramatis! Aksi Serangan Kilat Pasukan Raider TNI Bikin KKB Teroris Berhamburan ke Jurang

| 06 Sep 2021 17:12
Dramatis! Aksi Serangan Kilat Pasukan Raider TNI Bikin KKB Teroris Berhamburan ke Jurang
Barang Bukti yang Disita (Antara)

ERA.id - Anggota Batalion Infantri Para Raiders 501/BY menyita satu pistol dan senjata laras panjang rakitan beserta amunisinya di Kampung Bugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Komandan Batalion Infantri 501/BY, Letnan Kolonel Infantri Arfa Yudha mengakui, temuan-temuan itu didapat di salah satu honai di Kampung Bugapa.

"Memang benar saat anggota patroli di sekitar kawasan itu yang dipimpin Letnan Satu Infantri Yulian Nugroho," kata Yudha, Senin (6/9/2021).

Kemudian mereka memeriksa di dalam honai dan menemukan senjata-senjata api beserta amunisinya itu dan kemudian membawa semua itu ke pos.

Diduga semua senjata api dan amunisi itu milik kelompok separatis dan teroris Sabinus Waker walau dalam patroli itu tidak ada anggota kelompok separatis dan teroris yang ditangkap.

Pada pertengahan Agustus lalu Batalion Infantri Para Raiders 501/BY menangkap dua anggota kelompok separatis teroris itu, Boy Tipagau dan Jerianus Sani, di Kampung Galunggama, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya.

Keduanya diduga pelaku pembakaran pesawat terbang MAF di kampung Pagamba, Distrik Biandoga, pada 6 Januari lalu dan kasusnya kini ditangani Polres Nabire.

Kronologi perburuan KKB yang terjadi di Kampung Bugapa merupakan buah dari kesabaran dalam memperhatikan situasi dan kondisi wilayah melalui patroli dan taktik operasi. Adapun sasaran dicurigai yaitu sebuah Honai yang terdapat beberapa orang diduga kelompok KKB berada di sana.

"Setelah itu, anggota tim Dalpur segera mengatur posisi sesuai dengan perhitungan keadaan di lapangan. Saat terlihat sekelompok orang KKB lari berhamburan ke jurang dekat Honai anggota tim langsung melaksanakan pengamanan di sekitar Honai," ucapnya.

Rekomendasi