Beberapa Fakta soal Kerajaan Angling Dharma, Rajanya Konon Pimpin Makhluk Gaib

| 23 Sep 2021 10:47
Jamaluddin Firdaus (berkaca mata), pemimpin Kerajaan Angling Dharma Pandeglang

ERA.id - Beberapa waktu lalu, warga Banten dan media sosial dihebohkan oleh kerajaan yang mirip sebuah judul film kolosal yang pernah berjaya di Indosiar.

Adalah kerajaan Angling Dharma. Kalau kalian yang berumur 25 sampai 30-an tahun, pasti pernah melihat atau mendengar nama tersebut di pergaulan atau pariwara di TV.

Ternyata, Angling Dharma betul-betul ada. Di Jawa Barat, tepatnya, Angling Dharma sudah menjadi cerita rakyat secara turun-temurun. Sebut saja di daerah Indramayu.

Sampai di situ saja? Tidak. Diduga makam dan peninggalan Prabu Angling Dharma, berada di Desa Baleadi, Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Anehnya, kok kerajaannya bisa muncul di Banten ya? Lebih tepatnya di Kampung Salangsari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang.

Ini fakta loh. Setelah ditelusuri dari pelbagai sumber, kerajaan tersebut dipimpin Baginda Sultan Iskandar Jamaludin Firdaus.

Ya, ia dipanggil baginda dalam komunitas tersebut. Konon kabarnya si raja sudah membangun puluhan rumah untuk warga miskin.

Pimpin makhluk gaib

Juru bicara Jamaludin, Ki Jamil Badranaya mengatakan, kekuasaan didapat Jamal saat 2004. Waktu itu, Jamal sudah bertapa di sebuah gunung.

Di gunung itu, ia cari ilmu. setelah turun, Jamal langsung dapat kedigdayaan menjadi raja dari makhluk gaib. Duh, gimana ceritanya ya pimpin makhluk tak kasat mata?

"Pengangkatan ini bukan keinginan baginda bukan juga keinginan masyarakat, tapi memang perintah dari sana-nya, dari Sang Pencipta," kata dia.

Dari sana, warga pun percaya ucapan dari Jamaludin. Ogah kritis?

Suka memberi

Jamal dikenal banyak warga sebagai orang yang suka memberi. Jiwa sosialnya baik. Sudah 30 rumah yang tidak layak sudah direnovasi olehnya sejak 2019.

Rumah itu ada di Kabupaten Pandeglang. "Total 30 rumah dibangun, tersebar di kecamatan Mandalawangi, Menes, Pagelaran," ujar Jamil, Rabu (22/9/2021).

Dari mana Jamil dapat uang untuk membangun rumah itu? Kata jubirnya, sebagian besar dananya dari kantong pribadi. Sisanya, dari urunan para santri. Ada yang menyumbang material hingga uang.

Rumah yang dibangun Jamal itu lalu di-branding bertuliskan Angling Dharma.

Poligami

Konon kabarnya, baginda Jamal berpoligami dan milik empat istri. Semua bersumber dari sebuah foto yang viral, ketika memberikan bantuan rumah kepada warga tidak mampu.

Istrinya disebut pintar nyani dan menciptakan lirik memuji Presiden Joko Widodo. "Iya memang benar, salah satu istri baginda raja itu memang suka bernyanyi, dan itu dituangkan dalam bentuk lirik," kata Ki Jamil.

"Jokowi Presiden sejati. Walau dicaci-maki tetap sabar dan peduli, karena suci hati. Bagi orang yang menghina tetap masuk penjara, karena Presiden Lambang Negara yang sangat mulia," demikian penggalan lirik pujian kepada Jokowi yang dikutip dari Tribun Banten.

Rekomendasi