Antisipasi Warga Enggan Vaksin, Gibran Akan Jemput Door to Door

Tim Editor

Gibran tinjau vaksinasi covid-19 (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming berencana melakukan vaksinasi door to door bagi warga Solo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi warga yang hingga kini belum mendapat kesempatan vaksin atau enggan vaksin.

”Kemarin saya sudah ngobrol dengan Pak Dandim, warga yang enggan vaksin akan kami sisir melalui Babinsa,” kata Gibran saat ditemui Selasa (28/9/2021).

Hal ini dilakukan sebagai mitigasi agar bisa tercipta kekebalan komunitas. Pasalnya saat ini masih ada warga yang belum yakin dengan vaksin atau warga yang mempunyai komorbid. Ada pula faktor warga yang sudah menjadi penyintas Covid-19.


”Kalau kebanyakan yang belum vaksin karena belum yakin. Makanya kita bujuk melalui vaksinasi door to door. Kita datangi ke rumah satu per satu,” kata Gibran.

Namun Gibran secara garis besar meyakini antusiasme masyarakat terhadap vaksinasi masih cukup tinggi. Rencananya di akhir bulan Gibran akan melakukan evaluasi untuk melihat capaian vaksinasi saat ini.

Untuk bulan September ini Pemkot Solo memfokuskan vaksinasi bagi pelajar. Dari data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, jumlah pelajar yang divaksin mencapai 76 ribu siswa. Jumlah ini mencakup murid sekolah umum hingga santri.

Sementara capaian vaksinasi di kota Solo sudah mencapai 117 persen dari target 417 ribu yang disasar. Jumlag 417 ribu orang ini merupakan 80 persen dari jumlah penduduk kota Solo.

”Kami tentukan angka 80 persen ini sebagai syarat kekebalan komunitas yang berdasarkan dari total jumlah penduduk kota Solo,” kata Kepala DKK Solo Siti Wahyuningsih.

Tag: gibran rakabuming raka covid-19 vaksin covid-19 solo

Bagikan: