Gibran: Kalau Nggak Mau ke Sentra Vaksin Nggak Apa-apa, Nanti Kita 'Kejar' Semua

| 30 Sep 2021 06:33
Gibran tinjau vaksinasi covid-19 (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mewacanakan untuk vaksinasi dengan metode door to door. Hal ini dilakukan untuk menjangkau warganya yang hingga saat ini belum divaksin.

"Ini mau disurvei dulu oleh Babinsa siapa yang belum divaksin, kami akan kejar semua," kata Gibran saat ditemui usai mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (29/9/2021).   

Gibran tak mempersoalkan jika saat ini ada warga yang enggan datang ke sentra vaksinasi. Pihaknya akan mendatangi warga yang hingga kini belum bisa tervaksin.

"Kalau tidak mau datang ke sentra vaksin nggak apa-apa. Mungkin kebanyakan mereka lansia," katanya.

Saat ini dari total target 417 ribu yang ditentukan untuk herd immunity di kota Solo, masih kurang 70 ribu warga yang belum divaksinasi. Selama ini capaian vaksinasi kota Solo sudah 100 persen, namun jumlah ini bercampur dengan warga yang dari luar Solo namun sudah tersasar vaksinasi.

"Kita masih kurang 70 ribu orang yang belum tervaksin. Ya nggak apa-apa, nanti kita kejar semua," katanya.   

Jumlah ini didominasi lansia dan anak-anak usia pelajar. Untuk itu berbagai layanan vaksinasi terus dilaksanakan. Termasuk bus vaksinasi keliling yang disediakan oleh Pemkot Solo.

"Masih keliling, hari ini jadwalnya di rumahnya Pak Wawali (Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solo)," kata Gibran.

Rekomendasi