Dinas Kesehatan Akui Kesulitan Penuhi Permintaan Gibran Terkait Data Warga Vaksin Drop Out

| 23 Feb 2022 16:13
Dinas Kesehatan Akui Kesulitan Penuhi Permintaan Gibran Terkait Data Warga Vaksin Drop Out
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/Era/id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tengah meminta agar segera dilakukan pendataan untuk warga yang vaksin drop out. Pasalnya di Solo diprediksi banyak terjadi.

Sebagai informasi vaksin drop out yakni istilah bagi warga yang sudah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis pertama, namun  hingga batas waktu enam bulan tidak melanjutkan pada dosis kedua.

”Tadi udah saya minta, nanti datanya di DKK. Nanti yang drop out kami ulang, dosis satu sama dosis dua,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (23/2/2022).

Lebih jauh Gibran menjelaskan kebanyakan warga yang drop out vaksin, yakni mereka yang sudah dapat dosis pertama dan kemudian terpapar. ”Jadi harus diulang dosis pertama dan kedua,” ucapnya.

Terkait wacana ini, Gibran mengaku jika hal ini merupakan instruksi pusat. Namun ia akan mendetailkan dulu aturannya.

”Makanya kita data dulu. Kalau pasokannya sekarang aman, booster juga kita kejar minggu ini,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan pendataan masih sulit dilakukan karena sistem data masih belum support. Sejauh ini untuk pendataan vaksinasi menggunakan dashboard data dari Kementerian Kesehatan.

”Jadi ada kasus dia vaksin dosis pertama di Solo, kedua di daerah lain. Atau sebaliknya, vaksin dosis keduanya di Solo tapi untuk dosis pertamanya di daerah lain,” katanya.

Ada kemungkinan warga yang hanya vaksin dosis pertama di Solo, sudah melanjutkan vaksin dosis kedua di kota lain. ”Jadi belum tentu dia tidak divaksin komplit. Sebab datanya by faskes dan belum terintegrasi di dashboard,” katanya.

Terkait hal ini DKK Solo sudah melaporkan pada Kementerian Kesehatan. Sayangnya belum ada solusi terkait hal ini. ”Ya karena masih sulit,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Tanggapi Survei Setahun Kepemimpinannya di Solo, Gibran: Masih Ada yang Belum Puas Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Tags :
Rekomendasi