Banjir Masih PR di Tangerang, Walikota Tangerang: Sungai di Tangerang Kewenangan Pusat dan Provinsi

| 06 Oct 2021 22:15
Banjir Masih PR di Tangerang, Walikota Tangerang: Sungai di Tangerang Kewenangan Pusat dan Provinsi
Walikota Tangerang Arief Wismansyah. (Muhammad Iqbal/ ERA.id)

ERA.id - Walikota Tangerang, Arief Wismansyah menilai pembangunan selama dua tahun Jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Ma'ruf Amin di Kota Tangerang cukup merata. Pembangunan seperti tol yang melintasi Kota Tangerang telah terealisasi.

"Saya rasa sudah cukup merata, artinya sekarang kan pertumbuhan di daerah-daerah cukup besar. Di Kota Tangerang kita punya akses sekarang banyak," ujarnya di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Rabu, (06/10/2021).

Dia mengatakan kini banyak akses menuju Kota Tangerang. Seperti adanya tol Jakarta-Merak hingga Kunciran-Cengkareng. Artinya semakin banyak dilalui jalur-jalur strategis.

"Termasuk ada kereta api bandara dan sebagainya. Jadi mudah-mudahan dengan pengabdian dua tahun ini ke depannya menjadi lebih baik lagi," jelasnya.

Dia mengatakan tol-tol tersebut masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Termasuk, perluasan bandara Soekarno Hatta, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) hingga Ground Breaking penambahan air bersih.

"Kayaknya beliau konsisten (Jokowi-Ma'ruf Amin), jadi sesuai dengan target-target pembangunan program program nasional tetap dijalankan," kata Arief.

"Terus kita di daerah tetap diarahkan makanya secara nasional ekonomi Kota Tangerang di 2020 terpuruk tapi di 2021 kan nasional sudah mulai positif, nah provinsi Banten juga sama, artinya kita ikut itu," tambah Arief.

Dia mengatakan Jokowi-Ma'ruf Amin konsisten selama 2 tahun kepemimpinannya itu. Keduanya melakukan percepatan nasional sehingga menimbulkan kesejahteraan daerah.

"Dan sekarang kita Kota Tangerang harus makin berinovasi karena daerah-daerah lain juga kan seperti sekarang akses dari Merak-Surabaya sudah terhubung," kata Arief.

Pembangunan itu pun memiliki dampak dari segi investasi. Investor di Kota Tangerang diakui Arief terus meningkat.

"Nah ini kita juga harus bisa tetap menjadi daya tarik untuk tujuan investasi sehingga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat," ungkapnya.

Meski demikian, masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Seperti upaya penanganan banjir.

"Sungai-sungai yang ada di Kota Tangerang kan kewenangan pusat dan provinsi ya mudah-mudahan bisa ditangani lebih optimal supaya tidak menimbulkan bencana," tutur Arief.

Kemudian, kontribusi bantuan dana lokasi umum agar dapat ditambah. Sehingga pertumbuhan ekonomi daerah bisa dipercepat.

"Dan juga program program pemerintah pusat seperti Bansos dan prakerja bisa dimaksimalkan lagi sehingga ini bisa menyentuh masyarakat kami," pungkasnya.

Rekomendasi