Mal Mulai Ramai, Gibran: Pemulihan Ekonomi Sudah Kelihatan

| 11 Oct 2021 20:20
Mal Mulai Ramai, Gibran: Pemulihan Ekonomi Sudah Kelihatan
Gibran Rakabuming (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menilai saat ini pemulihan ekonomi pasca adanya pandemi Covid-19 sudah mulai terlihat. Apalagi saat ini sudah banyak pelonggaran setelah Kota Solo ditetapkan masuk level 2 dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini disampaikan Gibran di sela kegiatannya, Senin (11/10/2021). Dirinya menilai saat ini mal dan pusat perbelanjaan sudah mulai ramai. Tidak hanya di Solo, namun beberapa kota lain juga sudah mengarah ke kondisi normal.

"Kemarin saat saya ke Jogja bertemu Pak Wali Kota juga sudah ramai. Event-event juga sudah ramai," katanya.

Tak hanya pusat perbelanjaan dan mal, namun Gibran melihat okupansi hotel juga sudah menuju ke arah yang positif. "Ya kita ambil positifnya saja, artinya pemulihan ekonomi sudah kelihatan," ucapnya.

Senada, Direktur Operasional Solo Paragon Lifestyle Mall Budianto Wiharto mengatakan saat ini okupansi pengunjung mal sudah mulai kembali ke arah sebelum pandemi Covid-19. Selama awal pandemi, penurunan pengunjung mencapai 95 persen.

"Artinya hanya tersisa 5 persen pengunjung yang datang ke mal. Tapi sekarang angkanya sudah mulai normal, sudah 60 persen pengunjung jika dilihat dari angka sebelum pandemi," katanya.

Salah satu pemicu kenaikan pengunjung yakni kebijakan anak usia 5 tahun yang sudah diperkenankan masuk mal. Hal ini tentunya berdampak cukup baik.

"Weekend kemarin angka kunjungan kita sudah sampai 17 ribu orang dalam sehari. Mayoritas didominasi oleh keluarga," katanya.

Rekomendasi