Momen Ganjar Pranowo Ajari Main Medsos ke Zulkifli Hasan: Recehkan Politik!

| 05 Nov 2021 07:21
Momen Ganjar Pranowo Ajari Main Medsos ke Zulkifli Hasan: Recehkan Politik!
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Zulkifli Hasan (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbagi tips dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam bermedia sosial. Zulkifli bahkan mengaku tak pernah melewatkan setiap konten di akun medsos Ganjar.

Pengakuan tersebut disampaikan Zulkifli saat mengajak Ganjar membuat podcast, usai menghadiri pembukaan acara Rakerwil I PAN di Hotel Arkenso, Semarang, Kamis (4/11). Keduanya pun terlibat pembicaraan asyik.

“Sohib-sohib Bang Zul inilah Gubernur Jawa Tengah Mas Ganjar yang saya ikuti di vlog-vlognya, instagramnya, pengikutnya udah jutaan. Saya baru dua tiga bulan, mas kasih dikit dong tips biar (pengikut saya) bisa naik,” kata Zulkifli pada Ganjar.

Ganjar kemudian bercerita bahwa dirinya sudah menggunakan medsos sejak duduk di kursi DPR RI. Saat itu, kata Ganjar, medsos menjadi alternatif dirinya mendengar aspirasi dari konstituen.

“Waktu itu kan saya nggak bisa menjangkau konstituen, bagaimana cara menjangkaunya? Maka virtual. Maka waktu itu kita pakai medsos,” tutur Ganjar.

Ganjar mengaku sangat kaku ketika pertama kali aktif di medsos. Seiring waktu berjalan, lanjut Ganjar, dirinya mendapat banyak masukan dari berbagai pihak.

“Ah Pak Ganjar kaku, ngomongnya serius mulu. Terus kemudian mereka kasih feedback ke kita, anu dong politik itu direcehin. Jadi politik yang tinggi-tinggi itu dikit-dikit diturunkan,” kata Ganjar.

‘Merecehkan’ politik yang dimaksud Ganjar, yakni mengubah gaya komunikasi. Masyarakat, lanjut Ganjar, tidak bisa dipukul rata dengan bahasa-bahasa kaku.

Ganjar memberi contoh ketika ingin menyampaikan pesan politik soal partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan. Cara yang digunakan Ganjar adalah dengan berdialog dan memberikan contoh konkret.

“Kalau kita bicara kepada mereka ya frekuensinya frekuensi mereka. Selebihnya ya mereka lebih suka dengan gaya yang ringan bercanda bergembira. Jadi banyak senyum, banyak bikin senang, yang enteng-enteng. Karena kalau yang berat-berat mereka nggak mau,” beber Ganjar.

Podcast itu ditutup dengan pembicaraan santai. Dalam pertemuan itu, Ganjar juga mengapresiasi pernyataan politik dari Ketum PAN Zulkifli Hasan soal posisi PAN dalam pemerintahan hingga komitmen PAN membawa nilai kebangsaan dan Pancasila.

“Menurut saya itu komitmen yang luar biasa dan yang kedua statemen politik yang baru saya dengar langsung, bahwa PAN mendukung pemerintahan, mendukung Pak Jokowi. Itu pemikirannya sangat dalam, sangat rasional, dan beliau jelaskan tadi dengan sangat bagus,” tandasnya.

Rekomendasi