Buka Turnamen E-Sport Piala Wali Kota Medan, Bobby: Ini Bukan Untuk Habiskan Anggaran Tapi Mencari Bibit Atlet

| 12 Nov 2021 18:30
Buka Turnamen E-Sport Piala Wali Kota Medan, Bobby: Ini Bukan Untuk Habiskan Anggaran Tapi Mencari Bibit Atlet
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution resmi buka kompetisi E-Sport di Medan (Muchlis Ariandi/Era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution resmi membuka kompetisi E-Sport turnamen Mobile Legend Piala Wali Kota Medan. Kompetisi ini digelar dalam rangka mencari talenta-talenta muda atlet E-Sport masa depan.

Kejuaraan olahraga games yang tengah digandrungi anak muda itu berlangsung mulai hari ini tanggal 12-13 November 2021. Hadiah yang diperebutkan tidak kecil, ada uang puluhan juta bagi pemenang dalam kompetisi ini.

"Ini bukan hanya seremoni dan hanya menghabiskan anggaran Kota Medan, tapi dalam rangka mencari dan menumbuhkan bibit-bibit atlet E-Sport masa depan Kota Medan," kata Bobby dalam sambutannya, Jumat (12/11/2021).

Dijelaskan Bobby, saat ini perkembangan olahraga E-sport mulai berkembang masif, yang juga diikuti dengan infrastruktur seperti jaringan yang memadai.

Namun, kata Suami Kahiyang Ayu ini, dukungan untuk pengembangan talenta di bidang E-Sport masih rendah. Oleh karenanya, kompetisi piala Walikota Medan yang dihelat hari ini sebagai bentuk dukungan Pemko Medan secara nyata.

"Ini belum piala Walikota Medan, ini masih menuju, nanti ke depan baru kita buat Piala Walikota Medan yang lebih luas lagi, kalau hari ini hadiahnya masih puluhan juta, tahun depan harus ratusan juta, setidaknya," ungkap mantu Presiden Joko Widodo itu yang disambut tepuk tangan dari para gamers yang hadir.

Bobby berharap kompetisi E-Sport yang digelar dapat menciptakan stigma positif untuk mengubah stigma lama, yang menganggap permainan di handphone tidak bermanfaat.

Menurutnya, perlu dilakukan edukasi bahwa kompetisi yang saat ini digandrungi anak muda itu tidak saja berdampak negatif namun sebaliknya.

"Kalau ini hanya main-main saja, nanti susahnya kita menyampaikan kepada orangtua, bahwa game yang ada di HP itu bisa menjadi kegiatan positif dan menghasilkan prestasi," ujarnya.

Menurutnya, selain mudah dimainkan, game digital yang saat ini terus berkembang itu juga tidak memerlukan lokasi dan infrastruktur fisik seperti olahraga lainnya.

"Salah satu kemudahan dari Esport ini adalah kemudahan lapangannya, kita tidak perlu menyediakan lahan untuk lapangan bermain. Kalau ini tinggal miringkan hp langsung bisa bermain," pungkasnya.

Rekomendasi