Harga Bahan Pokok Mulai Naik, Gibran Berencana Gelar Pasar Murah

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana untuk menggelar pasar murah untuk pengendalian harga bahan pokok. Pasalnya, menjelang akhir tahun banyak harga bahan makanan yang merangkak naik. 

”Iya (banyak yang naik). Nanti dipantau lagi,” kata Gibran saat ditemui Sabtu (20/11/2021). 

Dirinya juga berniat untuk menggelar pasar murah sebagai pengendalian harga barang. Apalagi saat ini terpantau beberapa harga bahan makanan pokok sudah mulai tinggi, seperti minyak dan telur. 

”Perlu (pasar murah), tiap akhir tahun kan pasti naik. Ini biasa,” katanya. 

Sementara itu Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Surakarta Bimala mengatakan, meski harga bahan pokok naik namun secara kondisi, ekonomi di kota Solo masih tergolong baik. Sebab angka inflasi di kota Solo saat ini 1,93 persen, masih lebih bagus dibandingkan angka nasional dan angka provinsi Jawa Tengah. 

”Apalagi Solo ini sebagai kota yang berada di kawasan dekat tol. Sehingga konstruksi juga terdongkrak, (ekonomi) kita juga tetap bergerak,” katanya. 

Selain itu kondisi ekonomi di kota Solo berangsur membaik karena angka kredit juga mengalami pertumbuhan. Seperti halnya kredit perumahan dan beberapa kredit kendaraan. 

”Untuk KPR sudah ada pertumbuhannya, kredit mobil juga mengalami kenaikan,” katanya. 

Terkait dengan kenaikan harga untuk beberapa bahan makanan pokok, Bimala mengatakan ada beberapa faktor pemicunya. Seperti kenaikan harga minyak goreng yang dipicu oleh harga crude palm oil (CPO) global yang sedang naik. 

”Tapi kalau Pak Wali mewacanakan pasar murah ya kami akan bahas di TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah). Sebab beliau sebagai ketua TPID,” katanya. 

 

Tag: gibran rakabuming raka wali kota solo pasar murah

Bagikan: