Kunjungi Pasar Tradisional Karanganyar, Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok Terkendali

| 12 Jul 2023 14:45
Kunjungi Pasar Tradisional Karanganyar, Zulhas Pastikan Harga Bahan Pokok Terkendali
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Colomadu, Karanganyar, Rabu (12/7/2023). (Dok. Kementerian Perdagangan).

ERA.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan harga bahan kebutuhan pokok stabil dan cenderung turun. Hal ini terpantau saat ia mengunjungi Pasar Tradisional Colomadu, Kabupaten Karanganyar pada Rabu (12/7/2023). 

”Kita lihat ayam sudah mulai turun. Dari Rp40 ribu sudah menjadi Rp38 ribu. Telur masih tinggi, tapi nggak naik-naik lagi, mulai turun. Kemarin Rp32 ribu, ini sudah Rp31 ribu,” kata Zulhas usai kunjungan. 

Sementara untuk bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya, ada beberapa yang harganya terpantau rendah. Salah satu yang menjadi fokusnya yakni cabai. 

”Bawang Rp35 ribu, cabai ini yang terlalu murah Rp23 ribu. Kalau di Rp23 ribu berarti belinya di petani hanya Rp10 ribu. Kalau Rp10 ribu per kilo petaninya rugi, biaya nanemnya nggak cukup,” ujarnya. 

namun secara keseluruhan, Zulhas memantau jika harga-harga stabil. Sebab saat ini harga sudah agak turun, namun ada yang cenderung murah. Lebih lanjut Zulhas menjelaskan, rata-rata inflasi hanya 3,5 persen di bulan Juni. Secara year on year inflasi nasional berada di angka 3,5 persen. 

”Bahkan bulan ini rendah sekali,” katanya. 

Sementara saat ditanya terkait solusi persoalan telur, menurutnya perlu waktu untuk penyelesaiannya. Sebab ayam tidak bisa memproduksi telur secara terus menerus dalam jumlah banyak dalam sehari. 

”Perlu waktu. Kemarin Rp33 ribu, terus turun menjadi Rp32 ribu, sekarang Rp31 ribu. Saya kira minggu depan atau dua minggu lagi sudah turun,” katanya. 

Rekomendasi