Sempat Dikira Diculik Mahluk Gaib di Cadas Pangeran, Kini Yana Supriyatna Jadi Tersangka

| 22 Nov 2021 14:28
Sempat Dikira Diculik Mahluk Gaib di Cadas Pangeran, Kini Yana Supriyatna Jadi Tersangka
Ilsutrasi Cadas Pangeran (Twitter)

ERA.id - Sempat heboh lantaran menghilang di tempat wisata Cadas Pangeran dengan tujuan 'prank', Yana Supriyatna (40) akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago saat jumpa pers di Mako Polres Sumedang, Senin (22/11/2021).

"Tindakan yang dilakukan oleh tersangka merupakan tindakan pidana yang menimbulkan keonaran d ikalangan warga sekitar. Barang siapa menyiarkan suatu berita yang membuat kepanikan tersebut, sudah pasti harus ditindak," jelas Erdi.

Erdi menjelaskan, saat yang bersangkutan diperiksa tim penyidik, Yana tidak menyangkal kalau tindakannya semata-mata adalah kebohongan.

Atas tindakannya, Yana terancam dipenjara paling lama yaitu 3 tahun. "Untuk perkembangan kasusnya, saat ini kami masih lakukan penyelidikan dan penyidikan, pasalnya aksi Yana melibatkan banyak pihak, seperti sang istri dan beberapa kalangan yang ikut membantu dalam pencarian Yana," papar Erdi.

Saat ini polisi masih mengumpulkan berkas-berkas agar bisa diserahkan kepada jaksa penuntut.

Yana sendiri hingga kini belum ditahan, ia hanya diwajibkan melapor 1x24 jam selama diselidiki.

Dalam jumpa pers, polisi menghadirkan Yana sebagai tersangka dan istri Yana, Kurniasih (46).

Sepanjang jumpa pers, keduanya diam seribu bahasa, namun di akhir Yana mengatakan menyesal.

Diberitakan sebelumnya, Yana yang merupakan warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan dikabarkan menghilang secara misterius di Kawasan Cadas Pangeran, Selasa (16/11/2021) silam.

Dalam proses pencarian Yana, hanya ditemukan motornya teparkir di pinggir jalan Cadas Pangeran.

Sontak, aksi Yana ini langsung dihubungkan dengan hal mistis yakni Yana sudah dibawa oleh 'Oray Koneng' (ular Kuning) dan mitos-mitos lain yang ada kaitannya dengan tempat tersebut.

Karena kabar menghilangnya kepalang heboh, paranormal lalu ambil bagian dan bersuara kalau Yana diculik mahluk gaib yang menjaga Cadas Pangeran.

Namun tak lama dari bermunculnya perkiraan-perkiraan tersebut, Yana nyatanya ditemukan oleh petugas Satreskrim Polres Sumedang, kondisi Yana dalam keadaan yang sehat tanpa cacat apapun.

Rekomendasi