Angin Kencang Landa Sorong Papua, Belasan Rumah Rusak

| 10 Dec 2021 08:28
Angin Kencang Landa Sorong Papua, Belasan Rumah Rusak
Dok. antara

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Sorong, Papua Barat, menyatakan data sementara sebanyak 28 rumah warga rusak akibat angin kencang yang melanda daerah tersebut pada Kamis (8/12)

Kepala BPBD Kota Sorong, Herlin Sasabone di Sorong, Jumat, mengatakan akibat angin kencang yang melanda daerah tersebut pada 8 Desember 2021 merusak 28 rumah warga, baik rusak ringan, sedang maupun rusak berat.

Dia mengatakan bahwa data tersebut adalah data riil temuan langsung di lapangan oleh tim, namun kemungkinan besar masih bertahan karena warga maupun pihak kelurahan belum melaporkan secara tertulis.

"Hingga hari ini kami belum menerima laporan tertulis dari setiap kelurahan di Kota Sorong berapa total jumlah rumah warga yang rusak akibat kejadian angin kencang pada 8 Desember lalu tersebut," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Ia menyarankan agar warga yang rumahnya rusak akibat angin kencang tersebut, baik rusak ringan, sedang hingga berat melaporkan secara tertulis kepada kelurahan sehingga data tersebut dilanjutkan kepada BPBD.

Selanjutnya, kata dia, BPBD mengusulkan kepada Wali Kota agar warga mendapatkan bantuan untuk merenovasi rumah yang rusak akibat angin kencang tersebut.

Dikatakan bahwa peristiwa angin kencang tersebut tidak masuk dalam kategori darurat dan skala nasional sehingga ditangani dengan anggaran APBD.

"Terkecuali peristiwa banjir dan longsor yang mengakibatkan lima orang meninggal dunia pada 2020 lalu masuk tanggap darurat skala nasional sehingga ditangani oleh pemerintah pusat," ujar dia.

Rekomendasi