Anak-anak di Solo Siapkan Diri! Vaksinasi Usia 6-11 Tahun Dimulai Besok

| 20 Dec 2021 21:17
Anak-anak di Solo Siapkan Diri! Vaksinasi Usia 6-11 Tahun Dimulai Besok
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo siap menyuntikkan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun pada anak-anak di kota Solo. Hari pertama, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menyasar 4.832 anak.

”Besok kami siap, tapi tahap pertama ini kami menyasar anak kelas 3, 4, dan 6. Sebab anak kelas 1, 2, dan 5 jadwal untuk BIAS (bulan imunisasi anak sekolah),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, Senin (20/12/2021).

Untuk pelaksanaannya, DKK Solo akan menghitung dengan cermat. Pasalnya murid yang terjadwal untuk BIAS, harus menunggu selama satu bulan terlebih dahulu. Baru kemudian bisa disuntik vaksin Covid-19.

”Jadi saya harus ngitung cermat, termasuk yang sudah kena BIAS harus diberi jarak satu bulan. Jadi nggak bisa langsung, makanya kami ambil jalan tengah,” katanya.

Dengan jadwal yang dibuat ini, diharapkan dua bulan bisa selesai. Pada hari pertama, dijadwalkan ada 4.832 anak yang divaksin.

”Tapi tiap hari jumlahnya nggak bisa sama. Sebab jumlah anak di tiap sekolah berbeda-beda. Tapi kalau sesuai target, kami perkirakan 13-15 hari bisa selesai,” katanya.

Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini, menyasar 57 ribu anak di kota Solo. untuk siswa yang tidak bisa hadir dalam jadwal vaksin yang sudah ditentukan, mereka akan divaksin dalam kesempatan lain.

”Tapi harapannya bisa sesuai dengan jadwalnya, jadi saya harap orang tua juga turut andil,” katanya.

Terkait ketersediaan vaksin, Siti menjamin jumlahnya mencukupi. Pasalnya saat ini DKK Solo masih memiliki stok vaksin, selain itu TNI dan Polri juga memiliki stok yang memadai.

”Kita punya, (stoknya) aman,” katanya.

Rekomendasi