Bandara Adi Soemarmo Solo Perdiksi Jumlah Penumpang Naik 90 persen di Akhir Tahun

| 24 Dec 2021 19:15
Bandara Adi Soemarmo Solo Perdiksi Jumlah Penumpang Naik 90 persen di Akhir Tahun
Bandara Adi Soemarmo (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Bandara Adi Soemarmo Solo memprediksi jumlah penumpang naik 90 persen di akhir tahun. Hal ini dipengaruhi dengan membaiknya kondisi selama pandemi Covid-19.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan mengatakan periode natal dan tahun baru (nataru), Angkasa Pura menyiagakan satgas selama 19 hari. Pada periode Nataru tahun lalu, jumlah penumpang mencapai 21 ribu orang.

”Tahun ini kami prediksi hingga selesai momen Nataru, ada sekitar 42 ribu orang penumpang,” katanya pada Jumat (24/12/2021).

Namun pada H-1 Natal, justru tidak terjadi kenaikan penumpang. Padahal diprediksi puncak jumlah penumpang terjadi pada H-1 natal dengan 2.500 penumpang. Namun realisasinya hanya 1.600 penumpang saja.

 ”Padahal kemarin jumlah penumpang mencapai 1.800 orang dalam sehari,” katanya.

Sementara itu, dari sisi maskapai penerbangan yang melayani rute melalui Bandara Adi Soemarmo saat ini sebanyak 20 penerbangan berangkat dan datang. Maskapai tersebut di antaranya Lion Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Nam Air, Batik Air, dan Citilink.

”Kebanyakan perjalanan rute Solo-Jakarta-Solo. Tapi memang ada  beberapa rute lain yakni rute  lainnya seperti Pontianak - Solo dengan Nam Air dan rute Bali - Solo dengan maskapai Wings Air,” jelasnya.

Rekomendasi