Jalan Rusak Kerap Bikin Kecelakaan, Warga Tanam Pohon Pisang, PUPR Siapkan DAK Rp3,2 Miliar untuk Perbaikan

Tim Editor

Warga Neglasari menanam pohon pisang di Jalan Marsekal Suryadharma yang berlubang (M. Iqbal/ ERA.id)

ERA.id - Warga Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang melakukan aksi menuntut perbaikan Jalan Marsekal Suryadharma yang mengalami kerusakan pada sejumlah titik. Warga menanam pohon pada jalan yang berlubang di depan perempatan TOD M1 Bandara Soekarno-Hatta ini sebagai bentuk protes kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

Warga sekitar, Ahmad Suryani mengatakan jalan yang rusak tersebut tak juga diperbaiki. Meski sering menelan korban. Kata dia, kecelakaan kerap terjadi lantaran rusaknya jalan tersebut.

"Kondisinya rusak berlubang, sudah banyak korban jatuh perlu ada penanganan serius dari pihak terkait," ujarnya, Senin, (27/12/2021).


Sebenarnya, jalan sepanjang 1,6 Kilometer tersebut telah diperbaiki oleh Pemkot Tangerang menggunakan Dana Alokasi Khusus dari Pemerintah pusat sebesar Rp 2 Miliar. Namun, tahun ini tak semua jalan yang diperbaiki.

"Kami mewakili Warga RW 01 Kelurahan Selapajang Jaya umumnya untuk warga sekitar, mendorong dan meminta kepada Dinas terkait untuk memperbaiki jalan berlubang tersebut," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan pihaknya akan terus mengawal jalan itu hingga diperbaiki. Pasalnya, jalan tersebut menjadi akses utama yang menghubungkan Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.

"Kita akan terus soroti, ada tidak perbaikan jalan di sepanjang Jalan Utama Penghubung Kota dan Kabupaten ini, kalau tidak ada maka kami lakukan aksi di jalan tersebut," tegas Ahmad.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang merespon cepat aksi protes warga itu. Jalan yang berlubang itu langsung ditambal menggunakan aspal.

Kepala Bidang Bina Marga untuk Dinas PUPR Kota Tangerang Muhammad Ichsan, mengatakan sebenarnya jalan tersebut telah diperbaiki. Namun, masih ada sisa lubang yang saat ini ditangani dengan cara ditambal.

"Itu langsung kita tangani, sifatnya perawatan dulu. Itu memang sisa-sisa jalan berlubang," ujarnya.

Jalan berlubang diaspal (M. Iqbal/ ERA.id))



Dia mengatakan, jalan tersebut akan diperbaiki tahun 2022 menggunakan DAK sebesar Rp 3,2 Miliar. "Jadi gini kita tahun depan itu dapat DAK dari kementerian PU tahun depan (2022) Rp 3,2 Miliar. Tahun kemarin kan kita alokasikan untuk perbaikan jalan itu Rp 2 Miliar," kata Ichsan.

Ichsan mengatakan pihaknya bukan tak mau memperbaiki Jalan Marsekal Suryadharma secara keseluruhan. Namun, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang terbatas. Sehingga, pihaknya memilih menggunakan DAK.

"Kalau pakai APBD enggak kuat. Kiita juga kan DAK pengennya dapatnya gede tuh biar full perbaikannya, tapi kan ternyata kita sedikasihnya berapa ya kita kerjakan dulu," pungkasnya.

 

Tag: tangerang pohon pisang di jalanan

Bagikan:


POPULER

Poster Duka Firli Bahuri untuk Buya Syafii Maarif Dikritik Netizen