Kebun Binatang Bandung Alami Peningkatan Jumlah Pengunjung Saat Nataru, Tertinggi Selama Pandemi

| 27 Dec 2021 18:48
Kebun Binatang Bandung Alami Peningkatan Jumlah Pengunjung Saat Nataru, Tertinggi Selama Pandemi
Ilustrasi pengunjung saat memberi makan jerapah di Kebun BInatang Bandung (Antara)

ERA.id - Kebun Binatang Kota Bandung alami peningkatan jumlah pengunjung. Peningkatan yang terjadi saat libur natal 2021 ini, mencapai 3000 pengunjung dalam kurung waktu 3 hari, mulai dari 25 Desember sampai hari ini, Senin (27/12/2021).

Marketing Communication Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi'i menjelaskan kalau jumlah pengunjung pada liburan kali ini, merupakan yang paling tinggi.

"Di akhir tahun, kita bukan hanya bertemu libur nataru, tapi liburan sekolah akhir semester, jadi pengunjung hampir setengah lebih, berasal dari luar kota," jelas Sulhan ketika dikunjugi di Bandung.

Katanya, pengunjung pada liburan beberapa waktu lalu selama masa pandemi, tidak lebih dari 1500 orang. Baginya, peningkatan jumlah pengunjung saat ini sudah diantisipasi, mengingat bahwa pemerintah pusat membatalkan penerapan PPKM level di Kota Bandung dan di sejumlah daerah lainnya, tentu pembatalan dimanfaatkan bagi  banyak orang untuk berlibur.

"Upaya yang kami lakukan adalah secara rutin mengingatkan pengunjung untuk taat prokes selama berada di dalam kebun bintang setiap jam melalui pengeras suara, serta pengunjung juga wajib memperhatikan lama waktu kunjungan," jelasnya.

Jika terjadi kerumunan dalam waktu 2 jam, pihaknya juga mengimbau pengunjung yang sudah lebih dari satu jam berkunjung untuk segera keluar dari area kebun binatang. Baginya, hal tersebut menjadi tantangan yang tidak mudah, dimana pengunjung yang tidak patuh malah menjadi pemicu kerumunan.

"Kebiasaan pengunjung yang membawa rombongan, baik itu keluarga atau rombongan lainnya, masih sering terlihat membawa makanan dan botram di area hijau kebun binatang, ini yang membuat kerumunan yang terkadang sulit untuk diatur," jelasnya.

Walaupun alami peningkatan, harga tiket merupakan tarif akhir pekan, yaitu Rp50 ribu per orang, termasuk anak dengan tinggi badan 80 cm sudah dikenakan biaya tiket.

Rekomendasi