Bikin Geger, Harimau Sumatera Cari Makan ke Pemukiman Warga di Agam, Gegara Pakan di Hutan Berkurang

| 28 Dec 2021 14:36
Bikin Geger, Harimau Sumatera Cari Makan ke Pemukiman Warga di Agam, Gegara Pakan di Hutan Berkurang
Ilustrasi-Harimau sumatera (Foto: Antara)

ERA.id - Harimau sumatera liar diduga masuk ke daerah permukiman warga di Maua Hilia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, untuk mencari makan.

Kepala Resor Konservasi Sumber Daya Alam Agam Ade Putra mengatakan kehadiran harimau sumatera itu di pemukiman warga karena pakannya berkurang di hutan.

"Pakan harimau berupa babi hutan, kijang, dan satwa lainnya berkurang di daerah itu," katanya di Lubukbasung, Selasa(28/12/2021).

Menurut dia, belakangan petugas tidak menemukan jejak satwa mangsa harimau seperti babi dan kijang di daerah yang menjadi habitat harimau.

"Hampir satu bulan kami melakukan penanganan konflik ini, tidak ada menemukan jejak kaki babi, kijang, dan satwa lainnya di kawasan itu," katanya.

Petugas memasang kamera jebak untuk memantau pergerakan harimau liar di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. (ANTARA/Yusrizal) 

Dia menghubungkan kematian mendadak puluhan babi akibat flu babi Afrika dengan penurunan ketersediaan makanan harimau liar di wilayah itu.

Guna mencegah harimau yang lapar masuk ke permukiman, ia menjelaskan, petugas Resor Konservasi Sumber Daya Alam Agam memasang dua kandang jebak untuk menangkap harimau yang hendak masuk ke perkampungan penduduk.

"Kandang jebak telah kita pasang selama tujuh hari dan belum berhasil menangkap harimau," katanya.

Rekomendasi