Bikin Ngiler, Plt Gubernur Sulsel Pamer Cabai Katokkon Khas Toraja di Rumahnya

| 05 Jan 2022 11:22
Bikin Ngiler, Plt Gubernur Sulsel Pamer Cabai Katokkon Khas Toraja di Rumahnya
Cabai katokkon (BibitBunga/Pinterest)

ERA.id - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memamerkan cabai katokkon khas Toraja yang ditanam di pekarangan rumah jabatannya, di Jl. Yusuf Daeng Ngawing, Kecamatan Rappocini.

Ia memamerkan produk pertanian andalan Sulawesi Selatan tersebut, di sela-sela kesibukannya mengurusi Pemprov Sulsel yang kini ditinggal Nurdin Abdullah.

Untuk diketahui, cabai katokkon dikenal sebagai cabai yang pedasnya bukan main. Meski begitu, cabai ini bisa menjadi teman makan yang sangat lezat bagi mereka yang menggemari pedas.

Katokkon memliliki tingkat kepedasan sangat tinggi, yakni sekitar 400.000-691.000 SHU (Scoville Heat Unit). Jadi tidak salah, katokkon yang pendek dan gendut mirip paprika, merupakan salah satu cabai terpedas di dunia.

Orang-orang di Makassar khususnya, kerap mengombinasikan cabai katokkon dengan mi soto. Selain itu, cabai ini juga bisa dicampur ke dalam kari kambing atawa kari ayam.

Katokkon sendiri bentuknya bulat, namun sedikit kriting. Katokkon biasanya dipetik pada saat matang dan sudah berwarna merah tua.

Menurut Sudirman, cabai katokkon bisa tumbuh meski ditanam di daratan rendah seperti Kota Makassar.

"Ini ada kita tanam di pekarangan halaman rujab salah satunya cabai rawit Katokkon asalnya dari Toraja." sebutnya.

Selain menanam cabai katokkon, Sudirman juga menanam buah jambu biji (kristal) di sudut halaman garasinya.

"Ini juga ada kita tanam jambu yang sementara berbuah dan mudah-mudahan dengan tanaman ini bisa tumbuh kita bisa manfaatkan tampat yang sangat terbatas," sebutnya.

Rekomendasi