Agar Tak Abai dengan Diri Sendiri, Yuk Ciptakan Pola Pikir Ini untuk Menciptakan Self Love

| 02 May 2024 18:05
Agar Tak Abai dengan Diri Sendiri, Yuk Ciptakan Pola Pikir Ini untuk Menciptakan Self Love
Bagaimana cara mencintai diri sendiri (unsplash)

ERA.id - Tidak jarang Anda akan melupakan diri sendiri ketika terjebak dalam kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan. Lantas, bagaimana cara mencintai diri sendiri?

Kunci kebahagiaan sejati sendiri terletak pada mencintai diri sendiri. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang mencintai diri sendiri. Diharapkan hal tersebut dapat Anda terapkan dalam kehidupan untuk membangun rasa cinta dan penghargaan terhadap diri sendiri.

Bagaimana Cara Mencintai Diri Sendiri

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencintai diri sendiri:

  1. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Memang manusia terbiasa untuk bersikap kompetitif, jadi membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang wajar. Namun hal tersebut ternyata tidak ada gunanya. Sebaliknya, fokuslah pada diri sendiri dan perjalanan Anda.

  1. Jangan Khawatir tentang Pendapat Orang Lain

Jangan pernah khawatir tentang apa yang dipikirkan atau diharapkan masyarakat dari Anda. Ingatlah jika Anda tidak bisa membuat semua orang senang, jadi ini hanya buang-buang waktu dan hanya akan memperlambat Anda dalam perjalanan menjadi diri yang terbaik.

  1. Izinkan diri Anda untuk membuat kesalahan

Sejak kecil, manusia akan berulang kali diberi tahu bahwa "tidak ada yang sempurna, semua orang membuat kesalahan." Namun semakin tua seseorang, semakin besar tekanan yang Anda rasakan untuk tidak pernah gagal.

Izinkan diri Anda untuk membuat kesalahan (unsplash)

Cobalah buat kesalahan agar Anda bisa belajar dan berkembang darinya dan rangkullah masa lalu Anda. Perlu diketahui, Anda terus berubah dan bertumbuh dulu menjadi siapa Anda sekarang dan siapa Anda nanti.

Untuk itu, lupakan suara di kepala Anda yang mengatakan Anda harus sempurna. Pelajaran yang akan Anda dapatkan sangat berharga.

  1. Penampilan Bukan Segalanya

Terkadang, pemikiran negatif tentang diri sendiri yang muncul bisa dipengaruhi oleh pandangan negatif terhadap perempuan (sexisme). Untuk itu, harus Anda camkan jika Anda berharga karena menjadi diri sendiri bukan karena penampilanmu.

Meskipun demikian, tetap kenakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Sedikit atau banyak, pakai apa yang membuatmu merasa percaya diri, nyaman, dan bahagia.

  1. Jangan takut untuk menjauh dari orang-orang yang negatif

Tidak semua orang mau bertanggung jawab atas energi yang mereka sebarkan ke dunia. Jika ada seseorang yang membawa hal negatif ke dalam hidup Anda dan mereka tidak mau bertanggung jawab, itu tandanya Anda perlu menjauh dari mereka.

Ingat-ingatlah betul untuk melindungi energi diri sendiri. Perlu diketahui, tidaklah salah untuk menjauhkan diri dari situasi atau orang-orang yang menguras energimu.

  1. Hadapi dan pahami ketakutanmu

Sama seperti melakukan kesalahan, merasa takut adalah hal yang alami dan manusiawi. Untuk itu, jangan abaikan rasa takut Anda dan pahami hal tersebut. Latihan yang sehat ini dapat sangat membantu kesehatan mental Anda.

Dengan menganalisis dan mengevaluasi ketakutan, Anda dapat membantumu mendapatkan kejelasan dan mengungkap masalah dalam hidup yang selama ini menyebabkan kecemasan.

  1. Percayalah pada Diri Sendiri untuk Sebuah Keputusan yang Baik

Seringkali kita meragukan diri sendiri dan kemampuan untuk melakukan hal yang benar, padahal kebanyakan dari kita tahu apa yang terbaik untuk diri kita sendiri. Mulai sekarang ingat, bahwa perasaan tersebut tidak valid.

Perlu diketahui, Anda mengenal diri sendiri lebih baik daripada siapapun. Untuk itu,i jadilah pendukung terbaik untuk diri sendiri.

Selain bagaimana cara mencintai diri sendiri, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : Self love cinta
Rekomendasi