Tujuan Solo Jarang Dilirik Maskapai Penerbangan Selama Pandemi, Gibran : Ini PR Saya

| 05 Jan 2022 23:00
Tujuan Solo Jarang Dilirik Maskapai Penerbangan Selama Pandemi, Gibran : Ini PR Saya
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Antara)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan saat ini traffic penerbangan di masa pandemi Covid-19 turun drastis dibandingkan biasanya. Untuk itu di masa pemulihan ekonomi ini, ia akan menggenjot sektor-sektor yang dirasa bisa menggairahkan ekonomi, salah satunya pariwisata.

Hal ini disampaikan Gibran Rabu (5/1/2021). Ia menjelaskan saat ini Pemkot Solo terus menggenjot sektor pariwisata. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membuka sebanyak-banyaknya penerbangan ke Solo, termasuk penerbangan luar negeri.

”Paling enggak (penerbangan luar negeri) harus ada, seperti flight untuk umrah,” ucapnya.

Apalagi selama pandemi Covid-19 banyak penerbangan ke Solo yang dihapuskan. Banyak pula maskapai yang mengurangi jadwal penerbangannya ke Solo.

”Iya, pada hilang semua, makanya ini PR saya. Nanti kita usahakan (maskapai membuka penerbangan ke Solo),” ucapnya.

Apalagi saat ini Solo menjadi salah satu daya tarik wisata, khususnya untuk sektor yang bergerak di bidang meeting, incentive, convention and exhibition (MICE). ”Tahun ini harusnya sudah banyak pelonggaran (dari pusat). Insyaallah trafiknya bisa naik lagi. Harapannya Solo bisa ramai lagi dan ekonomi berputar,” katanya.

Sementara itu General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo Yani Ajat Hermawan mengatakan bahwa di masa pemulihan ekonomi ini akan lebih banyak maskapai yang datang ke kota Solo. Salah satu yang dilirik yakni penerbangan ke rute wilayah timur, seperti ke Makassar dan beberapa kota lainnya.

”Apalagi saat ini situasi sudah membaik secara bertahap. Kita juga punya keunggulan interconnecting dengan kereta dan terminal. Bus rutenya juga masuk sampai ke dalam. Tentunya hal ini memudahkan penumpang,” ucapnya.

Rekomendasi