Pemkot Solo Siapkan Infrastruktur Mobil Listrik Wisata dari Konglomerat Tahir

| 19 Jan 2022 21:49
Pemkot Solo Siapkan Infrastruktur Mobil Listrik Wisata dari Konglomerat Tahir
Mobil Listrik Wisata (Amalia/ ERA.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo saat ini menyiapkan infrastruktur untuk operasional mobil listrik yang akan dijadikan kendaraan wisata. Hal ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan peraturan lalu lintas.

"Kami akan memastikan kendaraan ini berjalan dan kami sudah siapkan infrastrukturnya," kata Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (19/1/2022).

Infrastruktur yang disiapkan yakni marka jalan untuk membedakan jalur mobil listrik dan kendaraan pada umumnya. Pasalnya kendaraan listrik ini hanya akan digunakan untuk melayani wisata.

"Rutenya juga kami siapkan, ada tiga rute," katanya.

Untuk rute pertama yakni Balai Kota Surakarta, Benteng Vastenburg, dan Kampung Batik Kauman. Rute kedua ada Pura Mangkunegaran, Manahan, dan Pasar Depok. Sementara rute ketiga dari Pasar Jongke melewati Kampung Batik Laweyan, Kelurahan Bumi, dan pusat oleh-oleh

Sebelumnya, pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan mobil listrik ini harusnya tidak melewati jalan raya karena belum melalui uji tipe. "Uji tipe ini untuk menjadi dasar penerbitan STNK," katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk operasional mobil listrik ini, termasuk Djoko Setijowarno. "Masukannya sudah kami terima, termasuk masalah rute dan keamanan, intinya beliau mendukung. Memang rutenya ada yang lewat jalan raya, makanya kami kasih solusi yakni dikasih marka sendiri," katanya.

Rekomendasi