Terendam Banjir, Jalan Poros Makassar-Maros Tiba-Tiba Jadi 'Sungai'

Tim Editor

Banjir di jalan poros Kota Makassar-Kabupaten Maros, Sulsel, Rabu (19/1/2022) kemarin. (Antara)

ERA.id - Banjir setinggi setengah meter merendam jalan poros Kota Makassar-Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Praktis, jalan tersebut kini lebih mirip 'sungai'. Akibat banjir itu, arus lalu lintas macet.

"Dua hari terakhir hujan mengguyur Makassar dan daerah sekitarnya, sehingga di mana-mana banjir seperti di jalan poros Makassar-Maros ini," kata salah seorang pengendara Mustafa di wilayah Pasar Bulubulu di perbatasan Makassar-Maros, Rabu (19/1/2022).

Akibat banjir itu pula, sebagian besar kendaraan roda dua dan roda empat, memilih jalur di tengah badan jalan.

Itu dilakukan agar mereka terhindar dari lubang atau got yang tidak terlihat karena tertutup air di pinggir jalan raya.


Diketahui jalan poros Makassar-Maros adalah tanggungjawab Balai Besar Jalan Bina Marga yang menghubungkan antar kabupaten/kota di Sulsel.

Meski demikian, dibutuhkan koordinasi antarpemangku jabatan untuk memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya bagi para pengendara yang kapan saja bisa terkena bahaya.

Adapun banjir itu yang dipicu intensitas hujan lebat, dua hari sebelumnya sudah dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar untuk mewaspadai tiga hari kondisi cuaca ekstrem pada 18 - 20 Januari 2022.

Surat edaran tersebut tentang Peringatan Dini kondisi cuaca di Sulsel ditandatangani Kepala Bagian Tata Usaha BMKG Wilayah IV Makassar, Kamal A di Makassar.

BMKG Wilayah IV Makassar melansir adanya indikasi peningkatan curah hujan di Sulsel dalam tiga hari.

Hal itu karena adanya pola pertemuan massa udara dengan belokan angin di wilayah Sulsel, sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Sementara itu hasil analisis perkembangan musim hujan hingga dasarian 1 Januari 2022 menunjukkan 75 persen zona musim di Sulsel sudah memasuki musim hujan.

Kami juga pernah menulis soal Plt Gubernur Sulsel Bantu Warga yang Rumahnya Dirusak Angin Kencang di Makassar Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tag: banjir hujan lebat makassar Maros

Bagikan: