Jakarta Kebanjiran Lagi, Anies Baswedan: Atas Izin Allah, Alhamdulillah..

Tim Editor

Banjir Jakarta (Ilham/era.id)

ERA.id - Banjir dan genangan air terjadi di beberapa wilayah di DKI Jakarta sejak Selasa hingga Rabu hari ini.

Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat ada 30 RT yang tergenang pada Rabu (19/1/2022) pagi.

Wilayah genangan semuanya berada di Jakarta Barat, yaitu Kelurahan Tegal Alur, dan Kamal. Di Tegal Alur, terdapat 19 RT, sedangkan di Kamal 11 RT.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menyampaikan kabar baik. Menurutnya genangan air di beberapa wilayah ibu kota sudah surut.

Lewat akun instagramnya, Anies tidak menampik bahwa Jakarta dilanda banjir di beberapa titik. Namun dirinya menegaskan bahwa hal itu (banjir) bisa ditangani dengan cepat.

“Jakarta dilanda hujan ekstrem tapi bisa ditangani cepat. Kenapa? Atas izin Allah, Kerja sistematis dan kerja cepat itu membuahkan hasil!”, tulis Anies dalam caption di akun instagramnya Rabu (19/1/22).

Anies juga menyertakan keterangan intensitas hujan di wilayah DKI Jakarta berdasarkan laporan BMKG.



Lanjutan penjelasan postingan tersebut adalah dirinya menyatakan bahwa Genangan atau banjir di beberapa titik di wilayah Jakarta tidak bisa dihindari lagi karena memang intensitasnya yang cukup besar.

“Banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota pada Selasa kemarin, 18 Januari 2022 adalah akibat hujan dengan intensitas ekstrem yang terjadi. Kemarin curah hujan di Kemayoran tercatat mencapai 204 milimeter, di Teluk Gong 193 mm, di Pulomas 177 mm, dan Kelapa Gading 163 mm. Curah hujan di atas 150 mm adalah kondisi ekstrem. Kapasitas drainase di Jakarta berkisar antara 50-100 mm. Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta,” tulis Anies.

Anies juga menegaskan prioritas dari penanganannya adalah memastikan keselamatan nyawa dari warga.

Selain itu, usaha dengan melakukan pemompaan juga dilakukan untuk mengoptimalkan agar air cepat surut.

“Jika turun hujan ekstrem hingga terjadi banjir maka prioritas Pemprov DKI Jakarta adalah memastikan warga aman dan tak ada korban jiwa. Lalu memastikan semua usaha pemompaan dikerjakan agar banjir bisa surut dalam waktu maksimal enam jam setelah hujan berhenti. Alhamdulillah, berkat kesiapan dan tanggapnya jajaran Pemprov DKI sebagian besar titik banjir kemarin sudah surut di hari yang sama,” ucap Anies.

 

Kami juga pernah menulis soal Kader Golkar Kena OTT Lagi, KPK: Lagi Apes Saja, Kita Tidak Pandang Warna, 'Ranjau' yang Ditebar Banyak. Kamu bisa baca di sini.

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tag: anies baswedan banjir jakarta

Bagikan: