Antisipasi Omicron, Pemprov Sulsel Siapkan 1.700 Kamar Isolasi

| 09 Feb 2022 12:05
Antisipasi Omicron, Pemprov Sulsel Siapkan 1.700 Kamar Isolasi
Ilustrasi - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak-anak di Sulsel. ANTARA/HO-vaksinator Polda Sulsel

ERA.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyiapkan 1.700 kamar untuk isolasi dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron.

"Kita kan sudah ada arahan bahwa gejala ringan dan tanpa gejala nanti diisolasi, kita sudah siapkan 1.700 kamar dan di sana (Asrama Haji, red.) tidak pernah tutup. Cuma sekarang ada lagi yang diterima sekitar 30-an orang," kata Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Selasa (9/2/2022).

Pemprov Sulsel juga menyiapkan kamar-kamar perawatan bagi pasien COVID-19 pada sejumlah rumah sakit di bawah naungan pemerintah daerah.

"Di rumah sakit juga kita tetap ada isolasi, ini khusus untuk yang bergejala sedang hingga berat. Tapi sampai saat ini tingkat hunian ICU kita masih 1,53 persen, masih sangat di bawah," ujarnya.

Sebagai upaya lainnya dalam mengantisipasi laju penyebaran Omicron, Pemprov Sulsel menggencarkan vaksinasi dengan akan menurunkan 1.200 vaksinator secara bertahap yang akan disebar ke berbagai kabupaten untuk menyasar kelompok lanjut usia (lansia).

Pada Selasa ini, Sulsel telah melepas 500 vaksinator dalam mempercepat pencapaian vaksinasi 70 persen dosis 2.

"Semua daerah yang diindikasi masih rendah capaiannya menjadi target Bapak Presiden termasuk misalnya lansia masih kurang, kemudian khusus untuk kota kita akan terjun khusus, tapi untuk daerah kita akan bantu dengan tenaga kesehatan," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Arman Bausat mengatakan bahwa pihaknya telah meminta rumah sakit untuk menyiapkan berbagai peralatan dalam pelayanan pasien COVID-19, mulai dari kamar, oksigen, obat-obatan, dan nakes yang akan melayani pasien COVID-19.

"Dalam upaya pencegahan ini paling utama dilakukan menjaga protokol kesehatan dan PPKM itu dilakukan sesuai dengan kondisi masing-masing daerah," ujar dia.

Kami juga pernah menulis soal Peringatkan Varian Omicron Meningkat Tajam, Netizen Malah Sentil Para Pejabat Kerumunan, Tompi: Yang Bloon Nggak Usah Ditiru! Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi