Pelaku Perjalanan Bawa Omicron, Sultan Pasrah: Tidak Mungkin Lagi Dicegah Masuk Yogya

| 11 Feb 2022 11:04
Pelaku Perjalanan Bawa Omicron, Sultan Pasrah: Tidak Mungkin Lagi Dicegah Masuk Yogya
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. (Wawan/ERA.id)

ERA.id - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkap bahwa kasus Covid-19 varian Omicron telah ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal itu diketahui dari sejumlah sampel dari para pelaku perjalanan yang datang dari luar DIY.

"Dari hasil tracing swab mandiri yang dilakukan para pelaku perjalanan dari luar Jogja di rumah sakit atau klinik sebelum meninggalkan Jogja, ternyata ada 73 kasus positif Omicron dari 83 sampel yang diperiksa," ungkap Sultan, Kamis (10/2) di Bangsal Kepatihan, kompleks Pemda DIY.

Jumlah itu setara dengan 87,9 persen sampel yang diperiksa merupakan positif Omicron.

Menurut Sultan, pemeriksaan 83 sampel tersebut dilakukan di laboratorium UGM dan laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP). Dengan adanya hasil tersebut, Pemda DIY akan mengaktifkan kembali aktivitas-aktivitas perangkat Covid-19 sampai pada level di Kelurahan.

"Selanjutnya, yang penting bagi saya adalah kita semua harus lebih berhati-hati karena Omicron sudah masuk Jogja. Harapan saya warga masyarakat tetap bisa menggunakan masker dan menjalankan protokol kesehatan dengan benar," imbuh Sultan.

Terkait aturan pembatasan pelaku perjalanan, Sultan mengatakan tidak mudah melakukan kontrol di semua jenis perjalanan. Apalagi saat ini semua sudah lebih bebas melakukan perjalanan, sehingga jika dibatasi ada kemungkinan munculnya gejolak yang besar.

"Kita tidak mungkin bisa mengontrol semua perjalanan. Kalau kita mencegah yang dari luar untuk masuk (DIY), sepertinya sudah tidak mungkin lagi," kata Sri Sultan.

Sementara Situasi COVID-19 di DIY Tanggal 10 Februari 2022 mengalami lonjakan signifikan. Penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY sebanyak 614 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 160.364 kasus

Adapun penambahan kasus sembuh sebanyak 66 kasus, sehingga total sembuh menjadi 152.034 kasus. Sedangkan penambahan kasus meninggal sebanyak satu kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi 5283 kasus.

Distribusi kasus terkonfirmasi Covid-19 menurut domisili wilayah kabupaten dan kota adalah tersebar di Kota Yogyakarta 149 kasus, Kabupaten Bantul 147 kasus, Kulon Progo 43 kasus, Gunungkidul 14 kasus, dan terbanyak di Sleman dengan 261 kasus.

Kami juga pernah menulis soal Jangan Sampai Kena Covid-19 Varian Omicron, Hindari 7 Makanan Ini Karena Bisa Menurunkan Imunitas Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi