Pemkot Solo Berencana Tambah Tempat Isoter untuk Nakes: Hotel Melati atau Losmen

| 22 Feb 2022 22:00
Pemkot Solo Berencana Tambah Tempat Isoter untuk Nakes: Hotel Melati atau Losmen
Ilustrasi tempat isoter (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berupaya untuk menambah lokasi isolasi terpusat (isoter). Hanya saja lokasi ini akan digunakan khusus untuk karyawan.

"Iya satu tempat untuk nakes (tenaga kesehatan). Baru disiapkan Pak Nico (Kepala BPBD Kota Solo). Antara hotel atau dimana nanti kami sediakan khusus untuk nakes," kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selasa (22/2/2022).

Ia membenarkan jika saat ini banyak nakes yang terpapar Covid-19. Dari data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, sudah ada ratusan nakes yang terpapar. "Makanya kami sediakan tempat khusus," ucapnya.

Terkait tempat isolasi terpusat untuk nakes, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nico Agus Putranto mengatakan saat ini sudah ada beberapa lokasi yang menjadi alternatif pilihan. Hanya saja belum final mana yang akan ditunjuk.

"Kami memang sepakat untuk menyediakan. Sebab nakes menjadi garda terdepan penanganan wabah ini. Nanti kami carikan hotel melati atau losmen. Intinya ada tempat tersendiri," katanya.

Terkait lokasinya akan dipilih sesuai dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkot Solo. Namun isoter yang akan dipilih akan disesuaikan secara lokasi.

"Yang penting tempatnya, memang harus mendukung penjagaannya, termasuk lingkungan sekitarnya. Ini demi keselamatan masyarakat juga," katanya.

Hingga saat ini belum ada lokasi pasti yang ditentukan oleh Pemkot Solo. Namun sudah ada ketentuan losmen atau hotel melati yang dibutuhkan. "Paling tidak harus punya sekitar 30-50 kamar. Kami sudah rencana ke PHRI. Masih harus survei," katanya.

Sementara itu Kepala DKK Solo Siti Wahyuningsih mengakui memerlukan tempat isoter untuk nakes. Pasalnya tidak semua nakes memiliki tempat yang layak untuk isolasi mandiri. Padahal saat ini peran nakes dibutuhkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Ya kalau dicarikan tempat malah baik. Soalnya memang tidak semua nakes punya tempat untuk isoman," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Cabut Aturan Pembatasan Covid-19, Inggris Nyatakan Siap Hidup Berdampingan dengan Pandemi Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi