Angka Kasus Covid-19 Meningkat, Pemkot Solo Gunakan Benteng Peninggalan Belanda Jadi Tempat Isolasi

| 11 Feb 2022 18:16
Angka Kasus Covid-19 Meningkat,  Pemkot Solo Gunakan Benteng Peninggalan Belanda Jadi Tempat Isolasi
Benteng Vastenburg (Antara)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo berencana mengaktifkan kembali Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Benteng Vastenburg. Hanya saja rencananya fungsinya akan diubah menjadi tempat isolasi terpusat (isoter) bagi para pasien Covid-19 yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pengaktifkan kembali Rumkitlap Benteng Vastenburg ini dilakukan karena tempat isolasi terpusat (isoter) Donohudan tidak bisa digunakan.

”Iya, di sana digunakan untuk persiapan pemberangkatan haji. Tapi nggak apa-apa, kita siapkan sendiri saja. Santai,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo usai Rapat Koordinasi Covid-19 secara nasional Jumat (11/2/2022).

Rencananya isoter di Benteng Vastenburg ini hanya digunakan untuk warga Solo saja. Selain di Benteng Vastenburg, Pemkot Solo telah mengaktifkan tempat isoter di Ndalem Priyosuhartan.

”Saat ini sudah ada 16 orang yang mengisi. Daya tampungnya sekitar 41 orang,” katanya.

Selain Benteng Vastenburg, tempat lain yang disiapkan untuk lokasi isoter yakni di Graha Wisata. Hanya saja untuk lokasi ini belum bisa dioptimalkan karena kekurangan sarana kamar mandi dan toilet. Untuk itu saat ini yang lebih diutamakan yakni di Benteng Vastenburg lebih dahulu.

”Tinggal setup saja. Coba nanti tak koordinasikan dengan Pak Danrem,” kata Gibran.

Sementara itu Danrem 074/Warastratamma Kolonel Inf Rudy Saladin usai pengarahan terkait Covid-19, mengatakan jika kondisi kenaikan kasus Covid-19 di Solo Raya dianggap cukup terkendali. ”Kalau daerah aglomerasi memang yang diwaspadai Jabodetabek, kalau di Solo Raya cenderung aman,” katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan kasus Covid-19, saat ini Rumah Sakit Darurat Covid-19 mulai dioptimalkan kembali fungsinya. Daya tampungnya yakni 342 tempat tidur. ”Tapi saat ini BOR (bed ocupancy rate) masih cukup rendah,” katanya.

Rencananya RSDC Donohudan hanya akan diperuntukkan bagi pasien dengan kondisi sedang dan berat. Untuk pasien dengan status OTG dan bergejala ringan akan dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah.

”Atau alternatif lainnya di Benteng Vastenburg,” katanya.

Sedangkan untuk kabupaten di Solo Raya juga sudah dianjurkan untuk membuat loasi isolasi terpusat. Sedangkan bagi pasien OTG dianjurkan untuk isolasi mandiri. ”Kalau yang bergejala berat baru dirawat di Donohudan,” katanya.

 

Kami juga pernah menulis soal Pemerintah Sebut Tren Kematian Akibat COVID-19 Meningkat: Peningkatan Kasus Positif ini Berdampak pada Tren Kematian Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi