Warga Tangerang Digegerkan Nisan Makam Bertuliskan Keturunan Nabi Sulaiman dan Nabi Daud

| 01 Mar 2022 11:23
Warga Tangerang Digegerkan Nisan Makam Bertuliskan Keturunan Nabi Sulaiman dan Nabi Daud
Warga Desa Selapajang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, saat mengecek makam (Dok. Istimewa)

ERA.id - Warga di Desa Selapajang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, dibuat heboh dengan sebuah makam yang nisannya bertuliskan keturunan Nabi Sulaiman dan Nabi Daud. Makam itu disebutkan merupakan makam tua dengan nisan bertuliskan nama Nesah binti Nabi Sulaiman bin Nabi Daud.

Kepala Dusun Desa Selapajang, Sofyan Dari, menyatakan makam tersebut ditemukan pertama kali oleh sejumlah warga yang hendak menggali kubur di kawasan setempat beberapa hari lalu. Warga yang mengecek merasa curiga dengan makam tersebut, hingga akhirnya berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan ulama setempat.

"Awalnya dilihat warga yang hendak gali kubur, terus heboh, hingga kami pun langsung mengecek ke lokasi. Kita curiga soal makam ini, dan kita langsung melakukan koordinasi untuk mempertanyakan soal makam ini," ujar Sofyan, kepada wartawan, Selasa (1/3/2022).

Akhirnya kemudian diketahui makam tersebut hanya milik seorang warga biasa yang telah wafat beberapa tahun lalu. Selanjutnya setelah berkonsultasi dengan tokoh masyarakat, ulama setempat, dan kepolisian akhirnya diputuskan untuk membongkar nisan tersebut untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masyarakat setempat.  

“Ternyata itu makam biasa, bukan makam ulama, atau keturunan nabi. Kita bongkar, nisannya saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Sofyan.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Cisoka, Ipda Mukhlis mengatakan, pihaknya mendampingi proses pembongkaran itu, dan dengan adanya hal ini dilakukan tindak lanjut. Setelah dibongkar, nisan pada makam tersebut diganti dengan tanda berupa batu yang berbentuk lampu.

“Kami bersama warga di sini, akhirnya membongkar batu nisan tersebut. Tindakan ini adalah hasil musyawarah dari masyarakat setempat. Jadi diganti (nisannya) sama batu yang bentuknya kayak lampu, sebagai penanda saja," ujarnya.

Mukhlis menambahkan, saat ini pihaknya masih memeriksa warga setempat terkait kemunculan nisan bertuliskan keturunan nabi itu. "Untuk hal-hal yang lebih lanjut masih kita lakukan pemeriksaan," jelasnya.

Rekomendasi