Momen Salat Tarawih Perdana di Masjid Agung Solo, Prokes Masih Ketat, Saf Berjarak

| 03 Apr 2022 11:36
Momen Salat Tarawih Perdana di Masjid Agung Solo, Prokes Masih Ketat, Saf Berjarak
Masjid Agung Solo (Antara)

ERA.id - Masjid Agung Solo tahun ini sudah bisa menjalankan salat tarawih berjemaah mulai Sabtu (2/4/2022) malam. Setelah selama dua tahun belakangan ada pembatasan salat jamaah akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Surakarta Abdul Basit  mengatakan tahun ini belum bisa merapatkan saf salat meski sudah ada pelonggaran pemerintah. Pasalnya Takmir Masjid Agung menaati anjuran dari  Satgas Covid-19 yang meminta saf tetap berjarak.

”Tahun ini kami belum bisa merapatkkan saf salat. Jamaah juga harus tetap memakai masker,” kata Basit pada  Sabtu (2/4/2022).

Sebagaimana diketahui, Masjid Agung Surakarta merupakan salah satu masjid terbesar di kota Solo. Masjid ini juga masjid yang bersejarah karena masjid yang dibangun sejak era Keraton Kasunanan Surakarta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Masjid Agung memfasilitasi umat muslim untuk salat sunnah tarawih berjamaah, baik dengan 11 rakaat dan 23 rakaat. Untuk itu Takmir Masjid menyediakan dua orang imam untuk memimpin salat tarawih.

”Sama seperti tahun kemarin, kami akomodir baik untuk 11 rakaat dan 23 rakaat,” katanya.

Masjid Agung juga memfasilitasi buka bersama bagi para jamaah masjid yang berada di lokasi saat beduk magrib. Namun buka puasa ini baru diadakan kembali setelah dua tahun dihilangkan karena pandemi.

”Kalau tahun-tahun sebelumnya di masa pandemi, kami sediakan 400 porsi makanan. Sekarang baru kami sediakan 200 porsi saja tiap harinya,” katanya.

Rekomendasi