Gubernur Sudirman Berceramah di Masjid 99 Kubah Makassar, Jemaah: Pak, Benahi Parkiran...

| 04 Apr 2022 04:27
Gubernur Sudirman Berceramah di Masjid 99 Kubah Makassar, Jemaah: Pak, Benahi Parkiran...
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat berceramah di Masjid 99 Kubah Makassar (Dok. Pemprov Sulsel)

ERA.id - Pelaksanaan salat Tarawih 1 ramadan 1443 hijriah jatuh pada 2 April tahun 2020 di sejumlah wilayah di Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung khusuk, pada Sabtu (2/4/2022) malam.

Dari pantauan di Masjid 99 Kubah Asmaul Husna, kawasan reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI), ratusan jemaah memadati masjid yang baru difungsikan tahun ini untuk menggelar salat Tarawih.

"Alhamdulillah, akhirnya bisa salat Tarawih di masjid ini pertama kali. Karena masjid ini baru difungsikan setelah sekian lama ditunggu, dan telah menjadi ikon baru di Kota Makassar. Tentu masjid ini menjadi kebanggaan kita," tutur Ridwan, jemaah di masjid setempat.

Jemaah lainnya, Rahmad yang sengaja datang dari Galesong, Kabupaten Takalar, mengikuti salat Tarawih di masjid tersebut menyarankan, bila melihat kondisi sekitar mesjid masih agak gelap, perlu penerangan. Begitu pula lahan parkir perlu ditata pengaturannya.

"Kalau saya pribadi hanya bisa menyarankan Pak, mungkin perlu dibenahi penerangan dan tempat parkir. Walaupun di luar kelihatan megah begitu pula di dalam juga bagus," katanya.

Meski kondisi demikian, ratusan jemaah yang menunaikan salat Tarawih di masjid tidak terganggu dan tetap khusyuk menjalankan ibadah. Penceramah Tarawih dipimpin langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

"Alhamdulillah, tahun ini masjid kubah sudah kita manfaatkan, setelah kita melakukan renovasi tahun kemarin. Insya Allah, masih kita kerjakan dan benahi tahun ini. Untuk tambahan (anggaran) lebih besar dari tahun lalu," tutur gubernur.

Ia pun menekankan, pentingnya rasa toleransi beragama dan menyarankan umat Muslim memperbanyak ibadah selama bulan suci serta memakmurkan masjid.

Walaupun masih dalam kondisi pandemi COVID-19, protokol kesehatan tetap diperhatikan penerapannya, salah satunya memakai masker.

Selain di masjid 99 Kubah, pantauan ibadah Shalat Tarawih di Masjid Raya dan Al Markaz Al Islami juga berlangsung kondusif.

Walau belum terlalu padat, karena masih hari pertama, namun antusias masyarakat yang menjalankan ibadah Tarawih di masjid setempat sangat besar.

"Setiap awal Ramadan, salat Tarawih saya bersama keluarga selalu ke masjid Al Markaz, dan hari ke kedua di masjid Raya, ini sudah kebiasaan kami," kata salah seorang jamaah, Mansyur.

Tahun ini, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijiriah jatuh pada Ahad, 3 April 2022, melalui sidang Isbat. Meski organisasi Muhammadiyah lebih dulu melaksanakan puasa pada Sabtu, 2 April 2022, namun sejumlah pendapat ulama menyatakan tidak ada masalah.

Rekomendasi