Jalur KRL Solo Balapan-Palur Mulai Diuji Coba, Kecepatan Bisa Sampai 90 KM/Jam

| 07 Apr 2022 19:17
Jalur KRL Solo Balapan-Palur Mulai Diuji Coba, Kecepatan Bisa Sampai 90 KM/Jam
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Perpanjangan rute kereta rel listrik (KRL) lintas Solo Balapan-Palur hampir selesai. Pekan ini rencananya dilkukan testing and commissioning (tescom) sarana dan prasarana  di jalur ini.

Pelaksanaan testing and commissioning ini dilakukan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), Direktorat Prasarana Ditjen Perkeretaapian, PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta dan PT KAI Commuter.

"Kami lakukan tescom sarana dan prasarana KRL lintas Solo Balapan-Palur selama dua hari. Ada tiga perjalanan PP," kata Kepala BTP Jabagteng Putu Sumarjaya dari rilis yang diterima Kamis (7/4/2022).

Hari pertama uji coba kecepatan kerera berhasil ditingkatkan secara bertahap. Mulai dari 40 km/jam,60 km/jam dan mencapai kecepatan maksimal 90 km/jam.

"Pada hari kedua kecepatan sudah 90 km/jam," katanya.

Tescom ini merupakan tahapan pengujian sistem maupun sarana dan prasarana KRL secara keseluruham. Harapannya semua infrastruktur maupun kerera di jalur ini bisa berfungsi dengan baik.

"Tescom ini kami ingin memastikan sistem prasarananya bisa terintegrasi baik. Kami pastikan KRL ini laik beroperasi," katanya.

Rekomendasi