Serikat Pekerja Solo Sambut Baik Program BSU Bagi Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp3,5 Juta

| 08 Apr 2022 23:05
Serikat Pekerja Solo Sambut Baik Program BSU Bagi Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp3,5 Juta
Ilustrasi (Foto: Antara)

ERA.id - Serikat pekerja di kota Solo menyambut baik bantuan subsidi upah (BSU) bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta. Apalagi saat ini kondisi perekonomian masih sulit akibat harga bahan pokok terus naik.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kota Surakarta, Wahyu Rahadi mengatakan hal ini menjadi kabar baik bagi para pekerja dan buruh, khususnya di kota Solo. Apalagi saat ini banyak pekerja di Solo yang upahnya masih di bawah Rp3,5 juta.

"Dipastikan semua pekerja buruh akan menerima bantuan ini," kata Wahyu Rahadi, Jumat (8/4/2022).

Ia berharap penyaluran bantuan ini segera didistribusikan. Sebab selama bulan Ramadan, seluruh komoditas barang harganya melonjak.

"Ini minyak goreng, BBM dan bahan pokok juga naik. Makanya kondisi ini membuat buruh jadi rentan," katanya.

Meski hanya uang Rp1 juta, namun besarannya sangat membantu bagi para pekerja. Sebab mereka bisa memenuhi kebutuhan menjelang hari raya Idulfitri.

"Apalagi buat yang mudik, mereka pasti terbantu," katanya.

Bantuan ini juga berpengaruh positif pada perekonomian di tingkat bawah. Sebab para pekerja buruh juga bisa berbelanja, termasuk belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Solo Widyastuti mengatakan belum mendapat instruksi lebih lanjut terkait penyaluran BSU. Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis kebijakan ini.

"Sampai sekarang juknisnya belum turun," katanya.

Rekomendasi