Jadi Penyebab Kemacetan, Polisi Batasi Mobilitas Bus dan Truk Barang yang Masuk Kawasan Wisata Puncak

| 11 Apr 2022 17:11
Jadi Penyebab Kemacetan, Polisi Batasi Mobilitas Bus dan Truk Barang  yang Masuk Kawasan Wisata Puncak
Ilustrasi kawasan puncak (Antara)

ERA.id - Satuan Lalulintas Polres Bogor, akan membatasi mobilitas bus dan truk barang di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, bus dan truk barang menjadi beberapa penyebab macetnya arus lalu lintas Puncak. Terlebih di jalur alternatif yang kerap kali dilewati kendaraan besar tersebut.

“Untuk itu harus dibatasi dan perlu dibuatkan lokasi parkir khusus kendaraan bus atau truk yang akan masuk ke kawasan wisata yang ada di jalur alternatif Puncak dengan menyediakan angkutan khusus dari lokasi parkir ke lokasi tujuan,” kata Dicky, Senin (11/4/22).

Menurutnya, perlu diadakan pembatasan bus atau truk ke jalur alternatif puncak dengan memasang rambu di simpang jalur alternatif.

“Untuk pembangunan lokasi parkir rencananya ada tujuh lokasi yakni rest area Cilember, Taman Wisata Matahari, rest area Lembah Nyiur, lalu di rest area Anggraeni, rest area Sinbad, kemudian di Hotel Evergreen dan Gunung Mas,” tandasnya.

Rencana ini pun didukung Bupati Bogor, Ade Yasin. Menurutnya, kondisi jalur alternatif Puncak kian semrawut, apalagi saat akhir pekan.

“Saya akan meminta kepada Dinas Perhubungan, Disbudpar, Kecamatan dan Desa wilayah setempat untuk kolaborasi membahas secara teknis guna menindaklanjuti rencana program tersebut,” kata Ade Yasin.

Rekomendasi