Selama Arus Mudik Lebaran 450 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Tangerang-Merak

| 04 May 2022 22:00
Selama Arus Mudik Lebaran 450 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Tangerang-Merak
Gerbang Tol Cikupa (Muhammad Iqbal/Era.id)

ERA.id - Sebanyak 450 ribu kendaraan melintas melalui Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang. Ratusan ribu kendaraan tersebut melintas selama arus mudik lebaran mulai 22 April hingga 1 Mei 2022.

"Total ada 450 ribu kendaraan yang memasuki Tol Tangerang-Merak, yakni yang melalui Gerbang Tol Cikupa. Lalu lebih dari 115 ribu kendaraan yang keluar dari Gerbang Tol Merak," jelas Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas, Uswatun Hasanah, Rabu (4/5/2022).

Uswatun menyebutkan, dari catatan yang diterima, volume arus mudik di Tol Tangerang-Merak tertinggi terjadi pada tanggal 27 April 2022. Dimana, sebanyak 55.795 kendaraan melintas masuk di Gerbang Tol Cikupa.

Dapat dibilang ada kenaikan sebesar 79,88 persen dibandingkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) yaitu sebanyak 44.571 kendaraan.

Sedangkan, arus mudik yang keluar di Gerbang Tol Merak tercatat mencapai 15.568 kendaraan atau terjadi kenaikan sebesar 72,34 persen dari kondisi LHR normal yaitu 9.033 kendaraan.

"Layanan extra yang dilakukan Astra Tol Tangerang-Merak untuk mengurai kepadatan kendaraan pemudik lebaran," papar Uswatun.

Pada layanan transaksi operasional, pihaknya maksimalkan 102 gardu regular dan tambahan 2 gardu tandem di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit). Ada tambahan 18 petugas layanan transaksi, plus petugas piket pendukung gabungan lintas departemen.

"Kami semua terlibat baik supporting maupun operasional, dari mulai operator hingga Presiden Direktur kami turun langsung sapa pengguna jalan," ujar Uswatun.

Di samping itu, layanan extra yang diberikan oleh ASTRA Tol Tangerang-Merak adalah instalasi 100 unit potable toilet yang terdistribusi di 4 Rest Area (RSA) dan di titik-titik potensi antrian di Jalur Tol Tangerang-Merak.

"Selain itu untuk membantu pengguna jalan, informasi terkini terkait lalu lintas dan fasilitas di ruas Tol Tangerang-Merak intensif disampaikan setiap hari dari berbagai platform mulai dari layanan VMS poster di gerbang-gerbang tol," jelasnya.

Rekomendasi