Pemkot Solo Bakal Tertibkan Perokok di CFD: Kami Terjunkan Petugas

Tim Editor

Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Solo akan menertibkan perokok selama pelaksanaan Solo Car Free Day (CFD). Pasalnya CFD memiliki semangat untuk bebas asap dan polusi kendaraan.

Untuk itu Satpol PP akan menerjunkan tim khusus untuk mengingatkan para perokok selama pelaksanaan CFD.

"Kami akan terjunkan petugas untuk memperingatkan warga yang merokok saat CFD," kata Kepala Satpol PP Arif Darmawan, Jumat (20/5/2022).


Terkait peringatan bagi para perokok di CFD, saat ini Satpol PP hanya akan mengingatkan secara lisan saja. Sementara untuk sanksi, hingga saat ini belum disiapkan.

"Sebetulnya Perda sudah memberikan aturan jelas bagi perokok, ada denda dan kurungan. Tapi ini persoalan tentang edukasi," katanya.

Rencananya Satpol PP akan bersikap lebih tegas pada para pedagang di CFD. Jika mereka kedapatan merokok, akan ada sanksi pencabutan izin berjualan.

"Nantinya kami akan buatkan BAP (berita acara pemeriksaan)," ucapnya.

Ia mengakui pada pelaksanaan CFD hari pertama pada 15 Mei 2022 lalu, banyak warga yang lalai. Mereka masih merokok di sembarang tempat.

"Kemarin memang banyak, tapi sayangnya konsentrasi kami kemarin bukan di sana. Makanya pekan ini rencananya kami tertibkan," katanya.

Senada, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan salah satu evaluasi dalam pelaksanaan CFD yakni masih banyak perokok dalam gelaran mingguan tersebut. Sehingga menurutnya perlu ada penertiban lebih lanjut.

"Iya, banyak perokok kemarin. Tapi tenang aja, akan kami tertibkan," ucapnya.

Tag: CFD Solo Merokok di CFD Solo

Bagikan: