Tendang Sesajen di Semeru, Hadfana Minta Keringanan Saat Dituntut 7 Bulan Penjara

| 25 May 2022 11:24
Tendang Sesajen di Semeru, Hadfana Minta Keringanan Saat Dituntut 7 Bulan Penjara
Hadfana Firdaus (bertopi) saat ditangkap polisi (Antara)

ERA.id - Pria yang menendang sesajen di Gunung Semeru, Hadfana Firdaus, dituntut 7 bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider 3 bulan kurungan. Hal itu disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Lumajang, Jawa Timur, secara virtual, Selasa (24/5/2022).

Terdakwa Hadfana mengikuti sidang secara virtual dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lumajang. Hadfana didakwa dengan Pasal 45 ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) karena dengan sengaja menyebar video penendangan sesajen hingga bikin gaduh.

"Usai mendengar pembacaan tuntutan, terdakwa langsung mengajukan pledoi pembelaan. Intinya pledoi terdakwa mengakui perbuatannya dan minta keringanan" kata Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Lumajang, Mirzantio.

Ia menjelaskan hal yang memberatkan terdakwa salah satunya adalah sudah bikin masyarakat di Kabupaten Lumajang resah, namun yang meringankan adalah yang bersangkutan belum pernah dihukum.

"Terdakwa mengaku terus terang telah melakukan perbuatan itu dan dia bersikap kooperatif selama persidangan," katanya.

Sebelum sidang berlangsung, lanjut dia, Hadfana dengan pelapor yang merasa dirugikan dengan tindakan terdakwa sebenarnya sudah melakukan perdamaian, namun proses hukum tetap berlanjut.

Sebelumnya viral di media sosial tentang Hadfana Firdaus yang menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru pada awal Januari 2022 dan akhirnya polisi berhasil menangkapnya di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada pertengahan Januari 2022.

Rekomendasi