11 Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Hilang di Perairan Makassar Masih Dicari

| 31 May 2022 11:56
11 Penumpang KM Ladang Pertiwi yang Hilang di Perairan Makassar Masih Dicari
Basarnas Makassar menyelamatkan penumpang KM Ladang Pertiwi

ERA.id - Sebanyak 31 penumpang dari Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi yang tenggelam di Selat Makassar telah diselamatkan. Dari total 42 orang, 11 masih dinyatakan hilang. Hingga saat ini, tim gabungan masih mencari keberadaan korban.

KM Ladang Pertiwi karam pada Kamis (25/5/2022), di Selat Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kapal tersebut tidak diizinkan untuk berlayar apalagi menampung penumpang.

Kepala Basarnas Makassar Djunaidi membenarkan itu. Ia menjelaskan operasi SAR untuk KM Ladang Pertiwi akan dilakukan selama tujuh hari ke depan, terhitung mulai masuknya laporan. Hal itu sesuai dengan aturan pencarian dan evakuasi terhadap korban bencana.

"Pelaksanaan pencarian tujuh hari aturannya. Lokasi titik pencariannya adalah 10 selatan dari nautical mile Pulau Pamantauan," katanya di Posko SAR Pelabuhan Paotere Makassar, Senin (30/5/2022) kemarin.

Apalagi menurutnya, saat ini kondisi sangat cerah dan menunjang operasi SAR untuk mencari korban hilang. Terlihat dari gelombang ombak yang tidak begitu menyulitkan.

"Titik ombak hanya di ketinggian 0-0,5 meter sehingga tidak menghalangi pencarian di lapangan," jelasnya.

Proses pencarian korban KM Ladang Pertiwi ini juga melibatkan instansi lain, yakni TNI. Beberapa armada telah dikerahkan, antara lain yakni KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Malahayati-362, KRI Mandau-621, KRI Pulau Rupat-712 dan KAL Suluh Pari II-6-60, serta Pesud Cassa U-6207.

TNI juga mengerahkan dua kapal berjenis KRI MDU-621 dan KRI PRP-712 untuk melaksanakan proses bekal ulang sebelum diterjunkan ke lokasi pencarian.

Selain itu, ada pula pesawat udara U-6207 yang melakukan patroli untuk mendukung pencarian korban.

Rekomendasi