Ditekan Ormas, Pemkab Jember Batalkan Acara Konser Ustaz Hanan Attaki

| 22 Jul 2022 15:44
Ditekan Ormas, Pemkab Jember Batalkan Acara Konser Ustaz Hanan Attaki
Ustaz Hanan Attaki

ERA.id - Pemerintah Kabupaten Jember membatalkan Tabligh Akbar Konser Langit yang digelar oleh Majelis Gaul dengan penceramah Ustaz Hanan Attaki di Gedung Olahraga (GOR) PKPSO Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 29 Juli 2022 mendatang.

"Menghindar dari risiko itu lebih diutamakan daripada mendatangkan kemanfaatan. Itu adalah prinsip yang telah diputuskan oleh Pemkab Jember terhadap Tabligh Akbar Konser Langit," kata Wakil Bupati Jember M Balya Firjaun Barlaman, Jumat (22/7/2022).

Pemkab Jember sendiri berusaha menjaga agar suasana kondusif, sebab beberapa organisasi masyarakat (ormas) menolak kehadiran Hanan Attaki. "Banyak yang menyampaikan keberatan, bahkan mengancam akan menghentikan kegiatan itu di tengah jalan," tuturnya.

Pemkab Jember bersama Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama sudah melakukan audiensi dengan Panitia Tabligh Akbar Konser Langit di Kantor Pemkab Jember pada Kamis (21/7/2022) untuk menjelaskan apa saja yang menjadi pertimbangan dalam pembatalan konser tersebut.

"Kami sebagai pemerintah mengantisipasi sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga Pemkab Jember melarang kegiatan Konser Langit dengan narasumber Ustadz Hanan Attaki," katanya.

Wabup yang biasa dipanggil Gus Firjaun itu menjelaskan bahwa Pemkab Jember tidak melarang adanya majelis dan pengajiannya, namun narasumber yang dihadirkan dalam Konser Langit tersebut, karena masyarakat melihat rekam jejaknya sebagai mantan aktivis Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan lainnya.

"Pihak panitia telah berbesar hati menggagalkan Konser Langit di Jember. Untuk pelaksanaannya secara umum dipersilakan, asalkan digelar di luar Jember," ujarnya.

Ia menjelaskan acara keagamaan yang diisi dengan salawat atau ceramah tidak masalah dilangsungkan di Jember, namun jika ada penceramah yang tidak sesuai dengan "warna" yang ada di Jember dan berpotensi menimbulkan konflik, penolakan tidak dapat dihindarkan.

Sementara itu, Ketua Panitia Konser Langit di Jember, Ustaz Hutri mengatakan batalnya konser tersebut karena ada keberatan dari komponen masyarakat, sehingga pihaknya menilai bahwa hal tersebut adalah ujian kesabaran dan tidak akan marah, benci, dendam, dan lainnya.

"Acara tetap dilanjutkan, tapi tidak digelar di Jember, sehingga akan dilakukan penyesuaian untuk lokasi dan waktunya, karena jumlah peserta yang mendaftar untuk hadir di Konser Langit mencapai 14 ribu orang," katanya.

Ia menjelaskan Majelis Gaul merupakan komunitas dari berbagai golongan yang majemuk berasal dari kaum milenial, sehingga mungkin ada pihak-pihak yang dikaitkan dengan stigma HTI. "Sejak awal memang namanya majelis gaul dan santai, karena prinsip dalam majelis tersebut harga mati adalah cinta dan ketulusan," ujarnya.

Menanggapi informasi yang beredar tentang Ustadz Hanan Attaki yang disinyalir sebagai eks anggota HTI, dalam klarifikasinya, Hanan Attaki sempat menyikapi penolakan yang sempat terjadi di Gresik dan menyatakan bahwa dirinya bukanlah eks HTI dan itu hanya sebuah fitnah.

Rekomendasi