Menparekraf Sandiaga Uno Fasilitasi Kepala Sekolah di Balikpapan Patenkan Produk Buatan Siswa

| 24 Jul 2022 20:45
Menparekraf Sandiaga Uno Fasilitasi Kepala Sekolah di Balikpapan Patenkan Produk Buatan Siswa
Sandiaga Uno (Antara)

ERA.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantu seorang kepala sekolah bernama Yunita mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Hal itu untuk mematenkan beberapa merek produk buatan para siswa di sekolah Yunita.

Awalnya Yunita menceritakan di sekolahnya memiliki program belajar kewirausahaan. Sehingga para siswa bisa belajar sekaligus menciptakan produk-produk bernilai jual.

Selama ini, kata Yunita, produk-produk yang telah dihasilkan antara lain, batik ecoprint, aplikasi, dan minuman kopi.

"Kami ini sudah banyak produk-produk, kami ingin mengembangkan. Tapi merek dagangnya ini kami agak susah, dan harus (urus) kemana," tanya Yunita ke Sandiaga pada Minggu (24/7/2022).

Setelah mendengar itu, Sandiaga pun menjawab kendala yang selama ini dihadapi Yunita. Sandiaga secara langsung memfasilitasi Yunita untuk mengurus HAKI untuk merek produknya.

"Saya kabulkan permintaannya saya akan tunjuk Pak Hariyanto (Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf) untuk memfasilitasi merek dari beberapa produk yang tadi sudah disampaikan, dan kita fasilitasi HAKI-nya," jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga meminta Yunita untuk melaporkan perkembangan terkait kepengurusan HAKI merek dagangnya.

"Saya ingin dengar laporannya, nanti ke instagram saya saja," ungkapnya.

Rekomendasi