7 Model Kebaya Modern Brokat, Siap untuk Berbagai Acara

| 07 Jan 2023 10:15
7 Model Kebaya Modern Brokat, Siap untuk Berbagai Acara
Raisa dengan kebaya modern brokat model kurung (Twitter @jagabudaya)

ERA.id - Kebaya memiliki hubungan yang erat dengan perempuan Indonesia. Berdasarkan KBBI, kebaya adalah baju perempuan bagian atas, berlengan panjang, dipakai dengan kain panjang. Sementara, brokat adalah kain sutra yang bersulam benang emas atau perak. Ciri dari brokat adalah memiliki bentuk seperti jaring. Seiring perkembangan zaman, berbagai model kebaya modern brokat muncul sehingga anak muda banyak yang suka dengan pakaian ini.

Brokat memiliki banyak sekali motif dan pilihan warna. Namun, secara umum motif brokat terbagi menjadi dua, yaitu dua dimensi dan tiga dimensi. Motif yang umum digunakan adalah yang dua dimensi karena motif tiga dimensi cenderung berharga mahal.

Terlepas dari harga brokat yang dibeli, kain tersebut bisa dijadikan kebaya dengan berbagai model untuk membuat Anda tampak lebih cantik dan indah. Inovasi juga sangat banyak dan terus bertambah sehingga Anda tak akan kehabisan ide dalam membuat kebaya dengan brokat. Dikutip Era dari mctexstyle.id, berikut ini beberapa model kebaya modern dengan bahan brokat.

Ragam Model Kebaya Modern Brokat

1. Kebaya brokat asimetris lipat

Model kebaya ini memiliki lengan yang dimodifikasi dengan model balon dan ada aksen lipat pada bagian ujung. Pada bagian kerah, mutiara atau manik-manik bisa ditambahkan sehingga tampilan lebih elegan.

Bagian depan kebaya asimetris punya panjang hingga lutut. Anda bisa memadukannya dengan rok lipat sebagai bawahan. Agar penampilan Anda lebih kekinian, gunakan hijab dan high heels dengan warna senada.

2. Kebaya brokat lipatan lengan 3/4

Potongan kebaya ini memiliki panjang yang sedang—sampai bawah pinggang. Sementara, bagian depan memiliki lipatan pada bagian dada yang lurus hingga bawah. Bagian samping tubuh cukup lebar sehingga tidak menunjukkan bentuk dada dan pinggang.

Bagian lengan membuat kebaya ini tampak modern karena panjangnya ¾ lengan Anda. Model ini juga akan membuat Anda tampak simpel dan energik. Penampilan yang ringkas ini kurang cocok jika dipadukan dengan kerudung.

3. Kebaya brokat lengan ruffle

Ilustrasi kebaya brokat lengan ruffle (pinterest)

Ini juga merupakan model kebaya yang simpel. Kebaya ini bahkan lebih simpel dari sebelumnya karena tidak menampilkan lipatan pada bagian dada. Terlebih lagi, bagian samping mengikuti lekuk pinggang, tetapi tidak ketat.

Selain itu, model kebaya ini memiliki potongan yang pendek hingga pinggang dengan lengan ¾ seperti sebelumnya. Bagian kerah dibuat v-neck sehingga tubuh terlihat lebih jenjang. Kesan kekinian ditunjang oleh lengan yang berbentuk ruffle. Untuk bawahan, Anda bisa menggunakan kain lilit.

4. Kebaya brokat model tunik kerut

Kebaya ini cocok digunakan oleh perempuan berjilbab yang suka gaya simpel. Kebaya ini berbentuk tunik dengan bahan brokat yang memanjang sampai bagian lutut. Setelah itu, bagian lengan dibuat bole balon dengan penambahan kerutan pada ujung-ujungnya. Anda bisa memberikan aksen kerut atau tarikan di bagian depan pinggang hingga samping agar tubuh Anda tampak lebih ramping.

5. Kebaya brokat model tunik selendang

Ini juga cocok digunakan oleh Anda yang berjilbab, tetapi bentuknya lebih komplek alias tidak simpel. Kebaya ini memiliki bentuk tunik, tetapi bagian lengannya panjang dan tidak longgar.

Selendang menjadi kombinasi yang digunakan untuk mengisi beberapa bagian. Tambahkan selendang untuk menutup bagian dada dengan bagian atas tersampir di salah satu pundak. Selendang hanya menutup bagian dada hingga perut untuk bagian depan, sedangkan bagian ujung-ujung selendang dibiarkan menjuntai pada bagian samping dengan adanya ikatan pada bagian perut.

6. Kebaya brokat model kimono

Ilustrasi kebaya brokat model kimono (Twitter @silvia_padila)

Ini adalah model yang unik sebab pakaian khas Nusantara dipadukan dengan pakaian khas Jepang. Kabaya modern ini memiliki detail yang cukup sederhana dengan potongan sedang dan aksen sabuk yang diikat pada bagian pinggang.

Bagian lengan pendek, tetapi brokat dibuat lebih panjang sehingga tampak berlengan panjang. Bagian brokat lengan dibuat melebar dengan bagian ujung yang dibuat runcing-runcing.

7. Kebaya brokat model kutu baru panjang

Kebaya model kutu baru termasuk model lama dan umumnya pendek. Namun, kebaya ini dibuat dengan potongan panjang. Bagian samping tidak dibuat ketat mengikuti bentuk pinggang.

Bagian depan kebaya ini memiliki panjang yang menutup tubuh bagian atas, sedangkan bagian belakang lebih panjang—menjuntai hingga betis. Lengan baju bisa dibuat ¾ lengan, tetapi brokat memanjang hingga pergelangan tangan dengan bagian ujung dibuat runcing-runcing.

Itulah 7 model kebaya modern brokat. Kebaya brokat bisa dibentuk sesuai keinginan, karakter, dan kebutuhan Anda sehingga penampilan menjadi terlihat lebih cantik dan anggun. 

Rekomendasi